Kartu Indonesia Pintar Kuliah: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah cara pemerintah untuk membantu pelajar Indonesia yang ingin berkuliah, tetapi memiliki kendala keuangan. Wah, beruntung sekali, ya! Nah, apakah sobat tahu proses pendaftaran, syarat-syarat untuk mendapatkan KIP, dan kelebihannya? Jika belum, yuk ketahui bersama infonya di bawah ini!

1. Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

kartu indonesia pintar kuliah https://www.freepik.com/free-photo/sign-up-membership-registration-follow-concept_15438768.htm#page=1&query=registration&position=8&from_view=search
Proses pendaftaran KIP yang harus kamu ikuti

Apabila sobat ingin mendapatkan bantuan pemerintah ini, kamu harus ikuti tahapan pendaftarannya. Mari, perhatikan dengan seksama prosedurnya!

  • Sobat dapat mendaftarkan diri secara mandiri di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps
  • Ketika sedang mendaftar, kamu harus masukkan NIK (Nomor Induk Kewarganegaraan), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Kepala Sekolah Nasional), serta alamat email yang valid dan aktif.
  • Setelah itu, sistem akan melakukan validasi dari data yang sobat masukkan. Apakah kamu berhak mendapatkannya atau tidak?
  • Jika proses validasi berhasil, sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang sudah terdaftar.
  • Selanjutnya, kamu wajib memilih jalur seleksi masuk untuk kuliah (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Kemudian, sobat menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang telah kamu pilih sebelumnya. Proses sinkronisasi dengan sistem akan dilakukan dengan skema host-to-host.
  • Untuk calon penerima KIP Kuliah yang sudah diterima di perguruan tinggi tujuannya, dapat melakukan verifikasi lanjutan oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai mahasiswa pemegang KIP Kuliah.

2. Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2021

kartu indonesia pintar kuliah https://www.freepik.com/free-photo/female-students-stand-stairs-hold-books_9295116.htm#page=1&query=asian%20students&position=5&from_view=search
Apakah sobat memenuhi syarat untuk mendapatkan KIP? Yuk, cek persyaratannya!

Apakah sobat memenuhi syarat untuk mendapatkan KIP? Yuk, cek persyaratannya!

KIP Kuliah ini sangat bermanfaat untuk pelajar Indonesia. Namun, tidak semua siswa/i berhak mendapatkannya. Lantas, apa saja syarat pendaftaran KIP Kuliah 2021? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

  • Pemegang KIP Kuliah adalah siswa/i SMA sederajat yang baru lulus , akan lulus, atau sudah lulus maksimal dua tahun sebelumnya, serta memiliki NIK, NISN, dan NPSN yang valid.
  • Memiliki kemampuan akademis yang baik, tetapi mengalami kendala dalam hal ekonomi. 
  • Siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus pada tahun berjalan, memiliki potensi akademik yang baik, dan mempunyai KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di perguruan tinggi negeri atau swasta dengan program studi terakreditasi A atau B. Meskipun demikian, untuk siswa yang lulus ke perguruan tinggi dan jurusannya terakreditasi C, masih memungkinkan untuk menerima KIP. 

Baca juga: 5 Bintang Rock Dunia Bergelar Sarjana, Idolamu Nomor Berapa?

3. Keunggulan Kartu Indonesia Pintar Kuliah

kartu indonesia pintar kuliah https://www.freepik.com/free-photo/portrait-joyful-attractive-asian-students-couple_7499783.htm#page=1&query=asian%20students&position=8&from_view=search
Wah, ternyata banyak sekali kelebihan KIP! Ayo, cari tahu bersama!

Sobat, tahukah kamu bahwa sebenarnya pemerintah tidak hanya mengeluarkan KIP, tapi juga ada bidikmisi. Pada dasarnya fungsi keduanya adalah untuk membantu sobat mendapat pendidikan setinggi-tingginya. Lantas, apa kelebihan KIP daripada bidikmisi? Berikut adalah rinciannya.

  • Jumlah beasiswa yang diberikan KIP lebih banyak daripada bidikmisi.
  • Akses ke pendidikan vokasi lebih banyak.
  • Sistem sudah terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di perguruan tinggi.
  • Terdapat dua kelompok KIP yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  • Khusus KIP Kuliah Afirmasi meliputi bantuan biaya program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) di Papua, Papua Barat, dan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). 

Itu dia cara mendapatkan KIP dan keunggulannya berbanding dengan bidikmisi. Apakah sobat termasuk dalam kategori penerima bantuan ini atau ada seseorang yang kamu kenal yang berhak mendapatkannya? Sobat bisa bagikan artikel ini kepada mereka, ya!

Berbicara tentang seleksi masuk universitas di Indonesia, bagaimana persiapanmu? Jika kamu butuh bantuan, SimulasiKu siap membantumu! Di SimulasiKu sobat bisa ikut kelas daring pembahasan soal UTBK, try out setiap hari Minggu, dan menonton video pembelajaran. Tidak hanya itu, kamu juga bisa gabung ke grup Telegram Saintek atau Soshum SimulasiKu. Jadi, kamu tidak akan merasa sendirian dalam perjuangan ini. So, tunggu apalagi? Ayo, gabung sekarang!

Baca juga: Gap year? 10 Rekomendasi Kegiatan ini Bisa Bikin Kamu Tetap Produktif!

Editor: Ryfa Ayu Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us