5 Kampus yang Sering Dipakai Syuting Film!

Selain jadi sarana untuk belajar-mengajar, kampus juga kerap kali menjadi lokasi syuting suatu film lho, gengs. Banyak industri perfilman melirik kampus-kampus untuk mereka jadikan lokasi pengambilan gambar. Alasannya cukup beragam, mulai dari segi artistik gedung kampusnya hingga fasilitas-fasilitas kampus yang senada dengan jalan cerita filmnya.

Sobat SimulasiKu sudah tahu belum, kampus-kampus mana aja nih yang sering dipakai buat syuting film? Yuk, kita jalan-jalan ke kampus-kampus tersebut!

1.University of Oxford: Kampus Inggris yang jadi Lokasi Syuting “Harry Potter”

Universitas Oxford sering banget loh dijadikan Lokasi Syuting
Magisnya kampus Oxford memang tiada duanya!

Kampus asal Inggris yang satu ini tak hanya terkenal akan kualitasnya, tapi juga jadi populer lewat keartistikan gedung-gedungnya. Banyak loh pegiat film yang menggunakan kampus ini sebagai latar belakang karyanya. Contohnya, film Harry Poter yang sempat menggunakan sudut-sudut Oxford untuk jadi set dalam beberapa scene filmnya.

Bagi kamu yang telah menonton Harry Potter pasti tahu gimana epicnya Hogwarts. Nah, epicnya Hogwarts itu hadir dari karakteristik gedungnya Oxford yang bernuansa gothic, medieval, namun tetap ada kesan modern. Karakteristik kampus Oxford juga jadi alasan bagi film-film seperti ‘The Golden Compass (2007)’ dan ‘X-Men: First Class (2011)’ untuk merekam adegan filmnya di University of Oxford.

2. UBC: Kampus Beken yang Sering Dipakai Syuting Film

Kampus ini terkenal karena dipake Syuting film loh!
Banyak film-film top yang syuting di UBC

Kampus kedua yang sering para pegiat film pakai untuk proses shooting filmnya adalah Univesity of British Columbia. Sebanyak 165 film dan serial TV pernah menjadikan UBC sebagai lokasi pengambilan gambarnya. Kerennya lagi, dari jumlah tersebut ada film-film yang notabenenya top. Contohnya adalah ‘The Exorcism of Emiliy Rose (2005)’, ‘Fantastic Four (2005)’, ‘The Butterfly Effect (2004)’, dan ‘X-Men Origins: Wolverine (2009)’.

Melalui website resminya, UBC juga mengklaim menjadi tempat syuting paling populer ke-9 di dunia. Tentu itu memberikan dampak positif bagi UBC dan civitasnya. Sebab, UBC juga punya Jurusan Film dan Teater, lho. Sehingga Ibarat sekali mendayung dua pulau terlampaui, UBC jadi lokasi syuting sekaligus tempat para sineas memberdayakan ilmunya. 

3. Columbia University: Universitas yang jadi Lokasi Shooting ‘Spiderman’

universitas colombia dipake untuk lokasi syuting film spiderman!
Columbia University, tempat berkuliahnya Peter Park dan Mary Jane

Perguruan tinggi asal New York ini menjadi pilihan sutradara film Spiderman, loh. Bahkan mulai dari series yang pertama hingga ketiga, masih konsisten memakai kampus sebagai lokasi pengambilan gambarnya. Apa cuman Spiderman doang yang shooting di kampus ini? Enggak dong, masih ada lagi film-film lainnya! Contohnya, The Rock (1996) dan Ghosbusters (2016).

Eh, ngomong-ngomong berapa ya biaya untuk membuat film di Columbia University? Nah, melalui website resmi kampus ini, biayanya cukup besar, gengs. Kamu harus menyiapakan dana sebesar $1,500 per jam sebagai fee pembuatan film di kampus in. Namun, jika filmnya tidak bersifat komersil maka biayanya akan jauh lebih murah atau bahkan gratis.

4. University of Toronto: Universitas yang Cocok untuk Syuting Film Sci-fi

nah yang satu ini dipake untuk syuting film Sci-fi
Banyak film Scifi memilih University of Toronto sebagai lokasi syutingnya

Jika Oxford terkenal akan gedungnya yang bernuansa gothic, maka University of Toronto punya gedung kampus dengan nuansa futuristik. Hal itulah yang menyebabkan banyak proses kreatif film-film Sci-fi terjadi di kampus Ini. Misalnya, “The Incredible Hulk (2008)” dan “Resident Evil: Afterlife (2010)”. Kedua film itu memakai sudut-sudut kampus ini untuk mendirikan set filmnya, seperti kelas dan perpustakaan. 

5. USC, Lokasi Populer di Kalangan Pegiat Film Hollywood

nah kalau yang ini terkenal di holywood
USC hadir di tengah hingar-bingarnya Hollywood

University of Southern California rasanya memang cocok dengan kota asalnya yang sering jadi lokasi pembuatan film, Los Angeles. Bagaimana tidak, sudah 60-an lebih judul film yang memakai kampus ini sebagai tempat syutingnya. Emang, apa sih daya tarik USC?

Kampus ini identik dengan Hollywood. Kok bisa? Pertama, jarak antara USC dan Hollywood emang deket satu sama lain. Waktu perjalanan dari USC ke Hollywoods atau sebalikanya hanya buth 16 menit. Kedua, banyak pegiat film Hollywod yang memanfaatkan gedung-gedung USC yang artsy untuk menambah kesan wah pada karyanya.

Akhirnya, usai juga jalan-jalan singkat kita ke kampus yang sering dipakai para pembuat film. Nah, ada film favoritmu kah yang memakai universitas-universitas itu? Atau ada Sobat SimulasiKu yang berencana menjadi seorang sutradara atau pemain film? 

Jika Sobat SimulasiKu bercita-cita menjadi seorang sineas, kamu bisa mulai belajar membuat film dengan masuk ke Jurusan Seni Pertunjukan. Oleh karena itu, ada tryout dan bimbel online dari SimulasiKu untuk menemani persiapanmu sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Silahkan mendaftar, ya!

Editor: Putri Zuhairah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us