7 Rekomendasi Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Apa Saja?

Kamu seorang introvert yang sedang mempersiapkan masuk kampus? Nah, kali ini SimulasiKu akan memberikan rekomendasi jurusan yang cocok untuk introvert. Perlu kamu tahu, kepribadian introvert tidak sama, lo, dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Introvert merupakan tipe kepribadian yang lebih fokus pada perasaan internal di dalam dirinya sendiri, ketimbang lingkungan sekitarnya. 

Kendati demikian, kebanyakan dari introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Ketujuh jurusan ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu menyukai interaksi dengan masyarakat luas, tetapi bukan berarti kamu akan terlepas dari kegiatan presentasi dan semacamnya, ya. Apa saja jurusan-jurusan tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Ilmu Komputer

jurusan yang cocok untuk introvert
Jurusan Ilmu Komputer banyak berkutat dengan bahasa pemrograman

Ilmu komputer adalah salah satu jurusan yang cocok untuk introvert. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bahasa pemrograman, desain perangkat lunak, arsitektur jaringan komputer, dan keamanan informasi.

Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana menggunakan alat seperti Python dan JavaScript untuk mengembangkan solusi komputasi. Lulusan Ilmu Komputer dapat menjadi seorang analis data, software developer, serta programmer.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

2. Desain Grafis

desain grafis adalah jurusan yang cocok untuk introvert
Desain Grafis, cocok untuk introvert berjiwa seni

Kamu suka menggambar dan memiliki jiwa seni? Maka, Jurusan Desain Grafis bisa menjadi salah satu pertimbanganmu.

Ketika menekuni bidang ini, kamu akan lebih banyak berkutat dengan komputermu untuk mengeksplorasi ide dan menghasilkan karya, alih-alih bertatap muka dengan banyak orang yang mungkin membuatmu merasa tidak nyaman. Setelah lulus, kamu dapat berprofesi sebagai graphic designer, animator, dan art director.

3. Akuntansi

profesi akuntansi
Profesi akuntan banyak digeluti orang introvert

Jurusan Akuntansi mempelajari metode menyusun transaksi dan bagaimana cara mengelola laporan keuangan suatu perusahaan sehingga cukup banyak introvert yang mengambil prodi ini. Pasalnya, pembelajaran tersebut lebih membutuhkan ketelitian ketimbang dengan keterampilan berkomunikasi. 

Selain menjadi seorang akuntan, lulusan Akuntansi juga bisa menjadi analis keuangan, auditor, pegawai bank, makelar saham, konsultan pajak, maupun bekerja di bagian personalia.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

4. Sastra

sastra cocok untuk introvert
Sastra cocok untukmu yang menyukai ketenangan

Jurusan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah Sastra. Jurusan Sastra identik dengan membaca dan menulis, yang mana kegiatan semacam ini membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi. Oleh karena itu, Sastra cocok bagi kamu yang lebih suka menghabiskan waktu sendiri. 

Jurusan Sastra sangat beragam, mulai dari Sastra Indonesia, sastra asing, hingga sastra daerah. Prospek kerjanya pun sangat luas. Kamu bisa menjadi penulis buku, penerjemah, editor, content writer, copywriter, dan masih banyak lagi.

5. Ilmu Perpustakaan

prodi ilmu perpustakaan
Ilmu Perpustakaan membutuhkan ketelitian dalam mengarsip data

Jurusan Ilmu Perpustakaan mencakup bidang kearsipan dan informasi sehingga prodi ini sangat cocok untuk kamu yang rapi dan teliti dalam mengolah data. Ilmu Perpustakaan juga tidak mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang. 

Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi seorang pustakawan, sekretaris, document controller, atau administrator arsip. Tak menutup kemungkinan juga bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang kepenulisan, percetakan, maupun penerbitan buku.

Baca juga: 6 Bidang Jurusan Manajemen Beserta Prospek Kerjanya

6. MIPA

jurusan MIPA
Jurusan MIPA lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium

Semua jurusan yang termasuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) terbilang cocok untuk orang introvert. Jurusan Matematika membutuhkan konsentrasi yang baik dalam memahami teori dan mengaplikasikannya ke dalam setiap praktik. 

Demikian pula dengan Jurusan Fisika, Kimia, dan Biologi yang lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium untuk melakukan analisis. Lulusan MIPA dapat menjadi peneliti, tenaga pendidik, maupun bekerja di berbagai aspek industri.

7. Radiologi

jurusan radiologi
Radiologi berfokus pada pengoperasian alat medis

Terakhir, Radiologi juga termasuk jurusan yang cocok untuk introvert. Radiologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan implementasi radiasi gelombang. 

Jadi, selama masa perkuliahan, kamu akan berfokus untuk mengoperasikan alat-alat sehingga tidak harus berinteraksi terlalu sering dengan orang lain. Lulusan Radiologi berpeluang untuk menjadi radiografer, ahli terapis radiologi, ahli teknologi pengobatan nuklir, teknisi radiologi medis, akademisi, hingga peneliti.

Nah, itulah 7 rekomendasi jurusan yang cocok untuk introvert. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan juga bagi seorang introvert untuk mengambil tantangan dengan mendaftar di jurusan yang berhubungan dengan orang banyak. Ingat, menjadi seorang introvert bukanlah suatu kelemahan dan tidak akan menghalangimu untuk mencapai cita-cita.

Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana pembelajaran, mulai dari video materi, bimbel intensif UTBK, hingga try out online yang bisa kamu ikuti setiap minggunya. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us