6 Jurusan yang Bisa Kerja di Luar Negeri, Apa Saja?

Sobat SimulasiKu bercita-cita bekerja di luar negeri setelah lulus kuliah nanti? Kalau begitu, pas banget, nih. Kali ini, SimulasiKu akan membagikan informasi seputar jurusan yang bisa kerja di luar negeri. 

Memang tidak menutup kemungkinan bagi semua jurusan untuk bekerja di negara asing, tetapi keenam prodi ini bisa dibilang berpeluang lebih besar ketimbang jurusan-jurusan lainnya. Apa saja keenam jurusan tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Hubungan Internasional

prospek kerja jurusan HI
Lulusan HI berpeluang besar menjadi diplomat

Jurusan yang pertama ini sepertinya sudah terlihat jelas dari namanya, ya. Hubungan Internasional memang terkenal dengan predikat jurusan yang bisa kerja di luar negeri karena lulusannya berpotensi menjadi diplomat dan bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Hal ini terbukti pada lowongan penerimaan CPNS Kemlu tahun 2021, Sarjana HI paling banyak berada di daftar, yaitu mencapai 50 formasi. Nah, buat kamu yang memang bercita-cita menjadi diplomat, jangan ragu lagi untuk mengambil Jurusan Hubungan Internasional. Terlebih, jika kamu lulus dengan predikat cum laude, maka kamu bisa menikmati jalur penerimaan khusus dan berpeluang lebih besar untuk lolos seleksi CPNS.

Baca juga: Universitas Negeri Semarang Kampus Impianmu? Simak 5 Fakta Menariknya!

2. Pariwisata

jurusan pariwisata
Jurusan Pariwisata dapat membuatmu keliling dunia

Jurusan kedua adalah Pariwisata. Dari tahun ke tahun, lulusan Pariwisata semakin dibutuhkan di banyak tempat, baik di dalam maupun luar negeri. Hal yang akan kamu pelajari di jurusan ini pun cukup luas.

Mulai dari sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata, manajemen destinasi, tour and travel, sampai perhotelan. Setelah lulus, kamu dapat menjadi seorang pemandu wisata (tour guide) dan melakukan perjalanan ke berbagai tempat di luar negeri. Seru, bukan?

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Kesehatan Paling Menjanjikan Selain Kedokteran, Apa Saja?

3. Penerbangan

jurusan penerbangan
Mengunjungi berbagai destinasi dengan menjadi pilot

Penerbangan juga menjadi salah satu jurusan yang bisa kerja di luar negeri. Atau lebih tepatnya, kamu akan banyak melakukan perjalanan ke negara asing dengan menjadi pilot maupun pramugara/i. Mata kuliah yang akan kamu pelajari bila mengambil Jurusan Penerbangan, antara lain Prosedur Penerbangan, Rencana Penerbangan, Meteorologi, Navigasi, dan sebagainya.

4. Ilmu Hukum

prospek kerja ilmu hukum
Siapa bilang Jurusan Hukum tidak bisa kerja di luar negeri?

Selain Hubungan Internasional, Jurusan Ilmu Hukum ternyata juga berpeluang untuk menjadi diplomat, lo. Meskipun jumlah penerimaannya tidak sebanyak Sarjana HI, tetapi kesempatan tetap terbuka lebar untuk lulusan Hukum. Istimewanya bagi Sarjana Hukum, peluang yang Kemlu tawarkan tak hanya menjadi diplomat, tetapi juga Perancang Peraturan Undang-Undang.

Adapun, pada prodi ini kamu akan mempelajari segala hal tentang perundang-undangan, mulai dari hukum dasar yang mencakup konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, dan hukum tata pidana, hingga hukum internasional.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan yang Cocok untuk Introvert, Apa Saja?

5. Sastra Asing

jurusan sastra asing
Jurusan sastra asing dapat mengantarkanmu ke luar negeri

Saat ini, semakin banyak jurusan sastra asing yang dapat kamu pilih, sebut saja Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Mandarin, Sastra Rusia, Sastra Perancis, dan Sastra Jerman. Dengan menjadi seorang translator atau interpreter, maka kamu akan berkesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan formal maupun nonformal di luar negeri.

6. Jurnalistik

jurusan yang bisa kerja di luar negeri
Jurnalis berkesempatan meliput berita di luar negeri

Terakhir, jurusan yang bisa kerja di luar negeri adalah Jurnalistik. Jurusan ini mempelajari bagaimana mencari, menulis, menyunting, dan mendistribusikan suatu informasi atau berita di media massa, baik cetak maupun elektronik. Prospek kerja Jurusan Jurnalistik, antara lain reporter, fotografer, videografer, editor, produser, hingga penyiar.

Setelah lulus nanti, kamu akan berpeluang untuk meliput berita dari berbagai tempat, termasuk luar negeri. Mengingat berita merupakan aspek yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia, maka kesempatanmu untuk dapat menjelajahi negara asing saat liputan pun cukup besar.

Nah, itulah 6 jurusan yang bisa kerja di luar negeri. Agar kamu bisa meraih jurusan impianmu, ayo belajar bersama SimulasiKu! Kamu bisa mengakses berbagai video materi pembelajaran, ikut bimbel intensif UTBK, dan mengerjakan soal-soal try out. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us