6 Jurusan UNDIP yang Sepi Peminat pada SBMPTN 2021, Kamu Tertarik?

SBMPTN semakin dekat, adakah di antara Sobat SimulasiKu yang memilih UNDIP sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikanmu? Pengen sih, Kak, tapi jurusan yang aku mau tingkat keketatannya terlalu tinggi. Jika itu yang menjadi kendalamu, tidak ada salahnya, bukan, kalau kamu menyiapkan cadangan jurusan atau mencoba alternatif lain?

Kali ini, SimulasiKu ingin memperkenalkan 6 jurusan UNDIP yang sepi peminat. Eits! Walaupun peminatnya sedikit, tetapi bukan berarti peluang kerjanya kecil, lo! Penasaran? Yuk, simak!

1. Perikanan Tangkap

jurusan UNDIP yang sepi peminat
Perikanan Tangkap mempelajari teknik pengelolaan hingga manajemen bisnis perikanan

Berdasarkan data SBMPTN 2021, jumlah peminat Jurusan Perikanan Tangkap di UNDIP hanya 197 orang dengan total daya tampung sebanyak 30 kursi.

Apa saja yang akan kamu pelajari pada jurusan ini? Menjadi bagian dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, prodi Perikanan Tangkap tidak hanya mempelajari tentang menangkap ikan saja, melainkan ilmu perikanan dari berbagai dimensi. Mulai dari teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan.

Mata kuliah yang akan kamu dapatkan, antara lain Navigasi, Akustik Laut, Teknologi Penangkapan Ikan, Kapal Penangkap Ikan, Meteorologi Kelautan, Pengindraan Jauh, Manajemen Bisnis Perikanan, Bioekonomi Perikanan, dan masih banyak lagi.

Lulusan Perikanan Tangkap berpotensi untuk bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan, perusahaan swasta, maupun menjadi seorang peneliti, pengusaha, atau tenaga pendidik.

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

2. Fisika

jurusan sepi peminat di UNDIP
Fisika, salah satu jurusan sepi peminat di UNDIP

Jurusan fisika merupakan salah satu jurusan UNDIP yang sepi peminat. Terbukti dari jumlah peminat pada SBMPTN 2021 yang hanya berjumlah 256 orang dari total kuota 60. Padahal, ilmu ini bisa kamu terapkan pada berbagai bidang pekerjaan, lo

Secara umum, Fisika merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu. Mulai dari menelusuri perilaku materi alam semesta, hingga ilmu fisika secara fundamental dan modern, seperti dinamika, gaya elektromagnetik, mekanika kuantum, termodinamika, dan sebagainya.

Lulusan Jurusan Fisika dapat bekerja di industri perminyakan dan pertambangan maupun menjadi seorang field engineer, research and development (R&D), software developer, atau analis data sains di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia.

Tak hanya itu, lulusan Fisika juga bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Balai Penelitian Daerah, Balai Penelitian SDA, BATAN, dan PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

3. Kimia

jurusan kimia di UNDIP
Ilmu Kimia menjembatani banyak bidang, salah satunya farmasi

Sama seperti prodi Fisika, umumnya Kimia juga berada dalam naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jumlah siswa yang memilih Kimia UNDIP pada SBMPTN 2021 sebanyak 318 dengan daya tampung 60 kursi. Sebagai ilmu pengetahuan yang menjembatani banyak ilmu, prodi Kimia akan mempelajari komposisi, struktur, dan sifat zat dari skala atom hingga molekul, serta transformasinya.

Ada lima cabang ilmu Kimia, yaitu Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analisis, Kimia Fisik, dan Biokimia. Selain bekerja di laboratorium, lulusan Kimia juga dapat berprofesi sebagai quality control (QC), quality assurance (QA), maupun research and development (R&D) di berbagai bidang, seperti perusahaan farmasi, tekstil, kosmetik, minyak dan gas, pertanian, hingga menjadi ahli forensik. 

Baca juga: 6 Perbedaan Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni, Sudah Tahu Belum?

4. Teknik Perkapalan

jurusan kuliah perkapalan
Lulusan Teknik Perkapalan akan bekerja di industri maritim

Selanjutnya, ada Teknik Perkapalan. Jurusan ini menarik pendaftar sebanyak 334 orang lewat jalur SBMPTN tahun 2021 dari 51 kuota yang tersedia.

Pada prodi ini, kamu akan mempelajari sistem kerja kapal yang menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal. Mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari, antara lain Mekanika Teknik, Konstruksi Kapal, Manajemen Pelayaran, Sistem Transportasi Laut, Metode Numerik dan Komputer, Dinamika Kapal, Kapal Militer, serta Teknologi Perawatan dan Reparasi Kapal.

Prospek kerja utama lulusan Teknik Perkapalan adalah di industri maritim, misalnya PT PAL Indonesia dan PT Dok Perkapalan Surabaya (PDS). Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang surveyor dan teknisi mesin.

5. Sejarah

jurusan ilmu sejarah
Ilmu Sejarah tak hanya mempelajari aspek budaya

Tidak hanya berasal dari Saintek, ada juga jurusan UNDIP yang sepi peminat di rumpun Soshum, salah satunya Sejarah. Tahun lalu, total peminatnya adalah 391 orang dengan daya tampung sebanyak 54 kursi.

Pada prodi ini, kamu akan mempelajari tentang peristiwa masa lalu melalui artefak, manuskrip, maupun peninggalan lainnya dalam sejarah Indonesia, dunia, zaman kuno, hingga modern. Ilmu sejarah tak hanya mencakup aspek budaya, tetapi juga ekonomi, geografi, sosial, politik, bahasa, agama, pariwisata, militer, bahkan teknologi.

Selain menjadi seorang sejarawan, lulusan Sejarah juga berkesempatan untuk menjadi penulis buku, juru arsip, peneliti sejarah, dan staf museum. Kamu juga dapat berkarier sebagai tenaga pendidik, peneliti di lembaga penelitian dan litbang perusahaan, maupun bekerja di bidang kearsipan dan perpustakaan.

Baca juga: Jurusan Teknik Sipil: Cabang Ilmu, Info Kampus, Hingga Prospek Kerja

6. Sastra Indonesia

jurusan sepi peminat dengan prospek kerja luas
Sastra Indonesia, jurusan sepi peminat dengan prospek kerja luas

Terakhir, Sastra Indonesia juga masuk ke dalam jurusan UNDIP yang sepi peminat dengan 391 pendaftar dari total 54 kursi. Ada tiga aspek utama dalam prodi Sastra Indonesia, yakni bahasa, sastra, dan budaya.

Pada awal perkuliahan, kamu akan belajar mata kuliah dasar, seperti Pengantar Kesusastraan, Pengantar Linguistik Umum, dan Pengantar Filologi.  Selanjutnya, ada mata kuliah Fonologi, Morfologi, Semantik, Sintaksis, Kritik Sastra, Kebudayaan Indonesia, dan sebagainya.

Umumnya, ada tiga peminatan yang ditawarkan pada prodi ini, yaitu Linguistik, Sastra, dan Filologi. Lulusan Sastra Indonesia dapat menekuni profesi sebagai seorang editor, jurnalis, copywriter, content writer, penulis buku, penulis naskah (script writer), maupun bekerja di instansi pemerintah, lembaga penelitian, dan production house.

Itulah deretan jurusan UNDIP yang sepi peminat. Dari keenam prodi tersebut, adakah yang membuatmu tertarik? Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana pembelajaran, seperti kumpulan video materi, bimbel intensif UTBK, serta try out online. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us