Jurusan Teknologi Pangan: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

Siapa yang tertarik untuk bekerja di industri makanan? Kalau kamu salah satunya, maka Jurusan Teknologi Pangan wajib banget, nih, masuk pertimbanganmu! Memangnya di Teknologi Pangan bakal ngapain aja, sih, Kak?

Mungkin cukup membuat penasaran karena jurusan ini tidak seterkenal jurusan kesehatan. Karena itu, kali ini SimulasiKu akan membagikan informasi lengkap seputar Jurusan Teknologi Pangan, mulai dari info kuliah, kampus terbaik, hingga prospek kerjanya. Yuk, simak!

1. Kenapa Jurusan Teknologi Pangan?

jurusan teknologi pangan
Pangan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia

Sobat pasti tahu bukan, kalau pangan adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Selama ada manusia, kebutuhan pangan akan selalu ada. Nah, Jurusan Teknologi Pangan atau Food Technology ini adalah salah satu jurusan yang dekat dengan makanan karena mempelajari teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan bahan pangan pascapanen. 

Dengan ilmu dan teknologi yang tepat, harapannya kebutuhan pangan kita akan tetap terjaga dan proses produksi, penyimpanan, pengawetan, hingga pengemasan pangan dapat menjadi lebih efisien. Hal tersebut menjadikan Teknologi Pangan sebagai prodi potensial yang lulusannya sangat dibutuhkan di masa depan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Mudah dan Santai, Apa Saja?

2. Perkuliahan dan Mata Kuliah

mata kuliah jurusan teknologi pangan
Kamu akan sering berkunjung ke pabrik pangan

Berkuliah di Jurusan Teknologi Pangan tidak akan membosankan karena kamu akan sering memasak saat praktikum atau melakukan field trip ke pabrik-pabrik makanan untuk mempelajari pengolahan pangan. Hal ini mencakup proses penyortiran, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, distribusi, hingga memastikan produk akhir tiba di ujung rantai konsumsi dalam keadaan aman dengan nilai gizi yang baik.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari pada prodi ini, antara lain:

  • Kimia Pangan
  • Mikrobiologi Pangan
  • Satuan Operasi Industri Pangan
  • Teknologi Fermentasi Pangan
  • Keamanan dan Sanitasi Pangan
  • Karakteristik Bahan Pangan
  • Teknologi Pengolahan Pangan
  • Jaminan Mutu Pangan
  • Bahan Tambahan Pangan
  • Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan

Baca juga: 6 Jurusan UNDIP yang Sepi Peminat pada SBMPTN 2021, Kamu Tertarik?

3. Kampus Negeri Terbaik

rekomendasi kampus teknologi pangan
Jurusan Teknologi Pangan terbaik salah satunya berada di USU

Tidak sedikit universitas di Indonesia yang menyediakan prodi Teknologi Pangan berkualitas. Namun, berikut ini merupakan rekomendasi kampus negeri terbaik dengan Jurusan Teknologi Pangan terakreditasi A oleh BAN-PT:

  • USU (Universitas Sumatera Utara), Medan
  • Unpad (Universitas Padjadjaran), Bandung
  • IPB University, Bogor
  • UGM (Universitas Gadjah Mada), Yogyakarta
  • UB (Universitas Brawijaya), Malang
  • Unhas (Universitas Hasanuddin), Makassar
  • ITB (Institut Teknologi Bandung), Bandung
  • Undip (Universitas Diponegoro), Semarang

4. Lulusan Teknologi Pangan, Kerja Apa?

prospek kerja teknologi pangan
Product developer bertugas mengembangkan varian baru dari suatu produk

Lulusan Teknologi Pangan memiliki prospek kerja yang sangat luas, terutama di bidang food industry. Apa saja profesi-profesi tersebut? Berikut ini, SimulasiKu telah merangkum empat di antaranya:

a. Food Market Researcher

Seorang food market researcher bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis data konsumen serta kompetitor di industri makanan. Dengan informasi tersebut, perusahaan tempatmu bekerja bisa mengembangkan kualitas produk, kepuasan konsumen, dan keuntungan bisnis. Selain itu, kamu juga harus bisa memperkirakan potensi penjualan sebuah produk berdasarkan kondisi pasar.

b. Product Developer

Product developer atau pengembang produk memiliki tanggung jawab membantu food researcher untuk membuat resep produk baru. Kamu harus bisa membuat preparat sampel yang akurat, mulai dari proses penimbangan, pengukuran bahan-bahan, hingga pencatatan prosesnya. Pengembangan produk yang bisa kamu lakukan, meliputi rasa, warna, atau variasi baru lainnya.

Baca juga: 6 Perbedaan Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni, Sudah Tahu Belum?

c. Quality Assurance

Sebagai pengendali mutu, seorang quality assurance bertugas memastikan mutu pangan yang ada, mulai dari panen, proses pengemasan, hingga sampai ke tangan konsumen. Pasalnya, penanganan yang tidak tepat akan menurunkan mutu dari suatu bahan pangan. Adapun, standar mutu yang digunakan tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku, baik di dalam maupun luar negeri.

d. Bekerja di Sektor Pemerintahan

Selain ketiga profesi di atas, lulusan Teknologi Pangan juga bisa bekerja pada instansi pemerintah yang menangani dan melayani urusan terkait supply pangan nasional. Pertama, Kementerian Pertanian yang pekerjaannya berkaitan erat dengan bahan pangan nasional. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Nah, itulah informasi seputar Jurusan Teknologi Pangan, mulai dari info kuliah, rekomendasi kampus, hingga prospek kerjanya yang menjanjikan. Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini?

Untuk meraih kampus dan prodi impianmu, yuk, belajar bersama SimulasiKu! Kamu bisa menonton berbagai video materi serta mengikuti bimbel intensif UTBK dan try out online. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us