Jurusan Teknik Sipil: Cabang Ilmu, Info Kampus, Hingga Prospek Kerja

Adakah Sobat SimulasiKu yang tertarik untuk mengambil Jurusan Teknik Sipil? Teknik Sipil ini termasuk salah satu jurusan teknik yang menjanjikan, lo!

Mengapa? Karena jurusan ini berhubungan langsung dengan sarana dan prasarana yang ada di sekitar kita. Yuk, kenalan lebih jauh dengan Jurusan Teknik Sipil!

1. Teknik Sipil, Belajar Apa Saja?

jurusan kuliah teknik si[il
Teknik Sipil mempelajari konstruksi suatu bangunan

Melansir dari itb.ac.id, Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, memelihara, serta memperbaiki bangunan. Mulai dari rumah sederhana, gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga sarana dan prasarana transportasi kendaraan.

Selain itu, Teknik Sipil juga mempelajari berbagai aspek manajemen konstruksinya. Kamu akan belajar cara mengelola pelaksanaan konstruksi dengan baik. Contohnya, mengatur jadwal kerja, pekerja, maupun bahan dan peralatan, agar sesuai dengan prinsip-prinsip efektivitas sumber daya serta ketentuan lingkungan.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

2. Teknik Sipil Berbeda dengan Arsitektur

perbedaan teknik sipil dan arsitektur
Teknik Sipil berbeda dengan Arsitektur yang lebih memperhatikan estetika

Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dengan Arsitektur itu apa, sih? Arsitektur adalah jurusan yang mempelajari tata cara mendesain suatu bangunan secara detail dengan memperhatikan nilai fungsi serta estetikanya. Sementara itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Teknik Sipil mempelajari cara merancang suatu bangunan dengan memperhitungkan efisiensinya. 

Intinya, Jurusan Arsitektur lebih berfokus pada konsep, sedangkan Teknik Sipil akan menitikberatkan pada bagaimana cara merealisasikan konsep tersebut. Nah, jadi jangan sampai bingung lagi, ya!

Baca juga: 5 Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

3. Cabang Ilmu

cabang ilmu jurusan teknik sipil
Informatika, salah satu cabang ilmu Teknik Sipil

Beberapa program studi memang memiliki peminatan lain di dalamnya, termasuk Jurusan Teknik Sipil. Namun, perlu kamu catat bahwa setiap kampus mungkin menawarkan cabang keilmuan yang berbeda. Berikut merupakan cabang Ilmu Teknik Sipil secara umum:

a. Struktur Bangunan

Pada cabang ilmu ini, kamu akan mempelajari mengenai perencanaan profil, pembangunan fondasi, maupun pemodelan berbagai infrastruktur publik.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar tentang respons material bangunan terhadap beban yang diterimanya sehingga bangunan tersebut dapat berdiri kokoh dengan kerusakan minimal saat terjadi bencana. 

b. Geoteknik

Cabang Ilmu Sipil Geoteknik merupakan cabang ilmu yang mempelajari keadaan tanah, meneliti tanah di laboratorium, hingga merencanakan konstruksi galian, serta terowongan dan bendungan yang terbuat dari tanah atau batuan.

Dengan kata lain, kamu akan menganalisis sifat tanah dan menentukan apakah struktur tanah di suatu tempat cukup baik untuk mendirikan sebuah bangunan.

c. Manajemen Konstruksi

Manajemen Konstruksi mempelajari tentang penjadwalan pekerjaan, rancangan anggaran biaya proyek, pengembalian modal, perizinan bangunan, pengorganisasian pekerjaan di lapangan, hingga aspek hukum dalam pembuatan dokumen lelang. Cabang ilmu ini bisa menjadi penentu apakah suatu proyek konstruksi dapat selesai tepat waktu.

d. Hidrologi

Sesuai namanya, Ilmu Hidrologi berkaitan dengan air, termasuk curah hujan, cuaca, banjir, debit air sungai, dan lain-lain. Jadi, dalam cabang ilmu ini kamu akan belajar mengenai pengendalian, distribusi, hingga permasalahan air. 

e. Teknik Lingkungan

Pada cabang ilmu ini, tentu saja kamu akan belajar tentang isu-isu lingkungan, seperti polusi udara dan suara, pencemaran sungai, pengelolaan air kotor dan limbah, serta sarana dan prasarana air bersih.

f. Transportasi

Mahasiswa Teknik Sipil yang mendalami tentang sistem transportasi akan belajar tentang pemodelan transportasi, konstruksi bandara, rel, geometrik dan konstruksi jalan raya, hingga rekayasa lalu lintas. 

g. Informatika Teknik Sipil

Masih terbilang baru, cabang Ilmu Sipil ini akan mempelajari tentang penerapan komputer untuk pemodelan atau perhitungan suatu sistem dalam proyek pembangunan maupun penelitian.

Baca juga: Teknik Industri: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

4. Rekomendasi Kampus

kampus rekomendasi jurusan teknik sipil
Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Berikut merupakan 6 universitas negeri dengan Jurusan Teknik Sipil terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings 2021:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Diponegoro (Undip)

5. Prospek Kerja

prospek kerja teknik sipil
Lulusan Teknik Sipil dapat menjadi manajer konstruksi

Tak perlu diragukan lagi, lulusan Teknik Sipil memiliki prospek kerja yang sangat luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut beberapa prospek kerja jurusan teknik sipil.

a. Bidang Pembangunan Infrastruktur

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai manajer konstruksi, surveyor, maupun konsultan yang bertanggung jawab dalam pembangunan.

Selain itu, kamu juga dapat bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda, dan sebagainya.

b. Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan

Berbagai perusahaan industri migas, pertambangan, dan pengolahan membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan serta fasilitas produksi. Contohnya, Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim, dan lain-lain. 

c. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, kamu dapat menjadi pengajar maupun peneliti di perguruan tinggi, lembaga pendidikan, atau di pusat-pusat penelitian.

d. Bidang lainnya

Selain ketiga bidang di atas, lulusan Teknik Sipil juga memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang non-teknik, mulai dari perbankan dan asuransi, hingga berkarier di birokrasi pemerintahan maupun bisnis.

Nah, itulah informasi seputar Jurusan Teknik Sipil, mulai dari cabang ilmu, info kampus, hingga prospek kerjanya. Untuk membantu kamu dalam belajar, SimulasiKu menyediakan berbagai video materi pembelajaran, bimbel intensif UTBK, dan Try Out online. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us