Jurusan Teknik Informatika: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

Dewasa ini, pertumbuhan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan profesi IT di Indonesia. Tidak heran, jumlah calon mahasiswa baru yang mengincar Jurusan Teknik Informatika pun semakin bertambah.

Apakah Sobat SimulasiKu adalah salah satunya? Kalau iya, yuk, simak! Berikut ini penjelasan seputar Teknik Informatika, mulai dari info kuliah, kampus, dan prospek kerjanya!

1. Teknik Informatika, Belajar Apa Saja?

bahasa pemrograman
Jurusan Teknik Informatika akan mempelajari bahasa pemrograman

Secara umum, Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan analisis matematis serta prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, mengembangkan, maupun mengevaluasi kinerja komputer, software, dan sistem operasi. 

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari dalam jurusan ini, antara lain Matematika Diskrit, Sistem Digital, Perancangan dan Analisis Algoritma, Kecerdasan Buatan, Basis Data, Rekayasa Perangkat Lunak, hingga Pengembangan Aplikasi Web.

Baca juga: 5 Hal Penting Perlu Dilakukan Saat Pelaksanaan UTBK, Jangan Lewatkan!

2. Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

jurusan teknik informatika
Mahasiswa IT harus siap berkutat dengan logika dan matematika

Saat menetapkan suatu pilihan, tentu ada hal-hal yang harus kamu pertimbangkan dahulu sebelumnya, tak terkecuali program studi. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan bila ingin masuk ke Jurusan Teknik Informatika:

a. Minat dalam Bidang IT

Pertimbangan pertama adalah minat kamu di bidang teknologi. Bakat masih bisa kamu asah, tetapi minat merupakan hal dasar yang harus kamu pertimbangkan dengan matang agar nanti tidak merasa salah jurusan.

Oleh karena itu, banyak-banyaklah mencari informasi terkait Jurusan Teknik Informatika dan tanyakan pada dirimu, apakah kamu benar-benar tertarik di bidang ini.

b. Laptop yang Memadai

Meskipun bukan suatu kewajiban, tetapi alangkah baiknya kalau kamu memiliki laptop sendiri sebagai fasilitas penunjang untuk kuliah nanti.

Perlu kamu ketahui, 95% mata kuliah Teknik Informatika pasti menggunakan laptop, di mana spesifikasinya juga harus memadai karena akan banyak meng-install aplikasi berat untuk mendukung pembelajaran.

c. Siapkah untuk Mengikuti Perkembangan Teknologi?

Jurusan Teknik Informatika menuntutmu untuk tetap up to date terhadap perkembangan teknologi. Apa pun bahasa pemrograman yang kamu pelajari, akan senantiasa mengalami pembaruan, yang mana di setiap pembaruan tersebut kadang kala kode program pun mengalami perubahan juga. Oleh karena itu, kamu harus tetap up to date agar tidak tertinggal.

d. Siapkah Bergelut dengan Logika dan Matematika?

Pada dasarnya, Teknik Informatika merupakan turunan dari bidang matematika dan komputer. Sesuai dengan mata kuliah yang telah disebutkan sebelumnya, kamu akan banyak bermain dengan pemrograman.

Pemrograman sendiri merupakan perwujudan dari algoritma yang terdiri dari matematika dan logika. Jadi, mau tidak mau, kamu harus siap berkutat dengan semua itu.

Baca juga: Ingin Lolos UTBK 2022? Hindari 6 Kesalahan Ini!

3. Rekomendasi Kampus

kampus terbaik untuk jurusan teknik informatika
Salah satu Jurusan Teknik Informatika terbaik berada di ITB

Tak sedikit kampus di Indonesia yang memiliki program studi Teknik Informatika dengan akreditasi A. Berikut ini deretan PTN dengan Jurusan Teknik Informatika terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untukmu:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Hasanuddin (Unhas)
  • Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)

4. Prospek Kerja Teknik Informatika

prospek kerja teknik informatika
Data Scientist adalah salah satu prospek kerja lulusan IT

Tak kalah penting, informasi terakhir yang harus kamu ketahui dari Jurusan Teknik Informatika adalah peluang kerjanya. Lulusan Teknik Informatika dinilai memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan, lo! Apa saja? Berikut, 4 prospek kerja jurusan teknik informatika.

a. Programmer

Seorang pemrogram komputer atau programmer memiliki tanggung jawab untuk menulis kode-kode (coding) suatu program aplikasi maupun software.

Gaji programmer tergolong sangat tinggi, khususnya jika sudah punya banyak pengalaman di bidang IT. Di Indonesia, setidaknya programmer pemula akan mendapatkan gaji Rp60 juta per tahun.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

b. Data Scientist

Data scientist atau ilmuwan data bertugas mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Seorang data scientist harus memiliki pengalaman di data mining, keahlian scripting dan programming, serta kemampuan statistik yang kuat. Adapun, gaji rata-ratanya berkisar Rp144 juta per tahun.

c. Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi atau information security analyst merupakan profesi yang penting saat ini, baik di perusahaan, organisasi, maupun sektor pemerintahan.

Secara singkat, tugasnya adalah menjaga jaringan komputer serta data dan informasi digital dari ancaman, mulai dari serangan pencurian data, peretasan, malware, dan banyak lagi. Gaji seorang analis keamanan informasi rata-rata mencapai Rp96 juta per tahun.

d. Web Developer

Web developer atau pengembang web berfokus untuk membangun produk website atau sistem web. Mulai dari mengatur domain, membuat basis data, mendesain, mengembangkan, hingga memelihara situs web.

Selain bekerja di perusahaan, web developer juga berpotensi untuk bekerja mandiri sebagai freelancer yang mengerjakan proyek berdasarkan permintaan klien. Gajinya berkisar Rp84 juta per tahun atau bisa lebih tinggi, bergantung perusahaan tempatnya bekerja.

Nah, itulah informasi seputar Jurusan Teknik Informatika, mulai dari info kuliah, kampus, hingga prospek kerjanya. Bagaimana? Apakah Sobat semakin tertarik untuk mengambil jurusan yang satu ini?

Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana untuk membantumu dalam belajar. Kamu dapat mengakses berbagai video materi maupun mengikuti bimbel dan try out online UTBK. Yuk, daftarkan dirimu!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us