Serba-serbi Teknik Elektro, Jurusan untuk yang Suka Rekayasa Listrik

Kehidupan manusia tak lepas dari aneka peralatan elektronik, seperti smartphone, laptop, televisi, dan lain-lain. Perangkat-perangkat tadi butuh sumber aliran listrik yang berasal dari stopkontak, sel surya, powerbank, ataupun baterai untuk dapat terus bekerja. Nah, yang menciptakan sumber-sumber energi tadi adalah teknik elektro, lo!

Hmm, jadi penasaran, teknik elektro belajar apa saja, sih? Lalu, apa benar kalau dunia di masa depan tidak bisa lepas dari para lulusan jurusan ini? Daripada mengira-ngira, mending langsung lihat pembahasannya aja, yuk!

1. Jurusan yang Mempelajari Rekayasa Kelistrikan

Jurusan yang Mempelajari Rekayasa Kelistrikan. Pexels
Teknik elektro mempelajari rekayasa kelistrikan

Dari namanya, Sobat SimulasiKu tentu paham apa teknik elektro itu. Betul! Cabang keteknikan ini mempelajari hukum, prinsip, dan teori apa saja yang ada pada ranah kelistrikan. Setelah itu, kita akan merekayasanya menjadi suatu produk yang memudahkan hidup umat manusia.

Terdapat juga perguruan tinggi yang memiliki beberapa konsentrasi untuk program studi (prodi)-nya. Beberapa konsentrasi yang ada, antara lain teknik biomedik, teknik tenaga listrik, teknik telekomunikasi, teknik elektronika, dan teknik kendali. Walaupun begitu, pada perguruan tinggi lain, konsentrasi tersebut ada yang sudah membentuk prodi sendiri sehingga mata kuliah teknik elektronya hanya mempelajari dasar-dasarnya saja.

2. Mata Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Mata Kuliah Jurusan Teknik Elektro. Pexels
Mahasiswa teknik elektro juga akan mempelajari penerima sinyal seperti antena

Seperti prodi keteknikan lainnya, fisika adalah bidang ilmu utama yang akan Sobat temui. Pada teknik elektro, bagian dari fisika yang akan menjadi fokusnya adalah fisika kelistrikan. 

Pertama-tama, tentu Sobat akan mempelajari dasar-dasar kelistrikan. Apa yang ada di SMA keluar kembali pada mata kuliah ini, seperti hukum Ohm, hukum Kirchoff, dan lainnya. Kamu juga akan mempelajari apa saja yang timbul akibat adanya aliran listrik, seperti elektromagnetik dan medan magnet. Pada awal-awal kuliah, materi fisika kelas 12-lah yang akan banyak ditemui kembali.

Selanjutnya, Sobat juga akan mempelajari seputar elektronika, merancang sistem digital menggunakan gerbang logika, membuat otak komputer pada mikroprosesor dan memahami arsitektur dasarnya, serta memproses sinyal supaya dapat terbaca oleh komputer. Tidak lupa juga kamu akan berkutat dengan media penyalur aliran listrik, seperti macam-macam semikonduktor dan komponen-komponen elektronika.

Pada mata kuliah pilihan, Sobat dapat mempelajari lebih banyak hal keren, mulai dari robotika, mekatronika yang mempelajari cara menggerakkan mesin menggunakan listrik, mempelajari jaringan komputer dan komunikasi tanpa kabel, bahka sampai menyerempet ke biologi di mata kuliah biomedik, lo! Luas banget, kan?

Baca juga: Jurusan Teknik Informatika: Info Kuliah, Kampus, dan Prospek Kerjanya

3. Konsentrasi Teknik Elektro

Konsentrasi Teknik Elektro. Pexels
Teknik telekomunikasi menjadi salah satu konsentrasi teknik elektro

Dari pembahasan sebelumnya, teknik elektro yang luas membuatnya terbagi-bagi menjadi sejumlah konsentrasi. Konsentrasi ini nantinya berisi mata kuliah pilihan yang dapat Sobat ambil untuk memperdalam pemahaman dan skill di bidang tertentu.

Beberapa konsentrasi yang umum adalah teknologi informasi, telekomunikasi, teknik kendali, elektronika, dan biomedik. Sebelumnya, mungkin sering kita dengar bahwa konsentrasi di teknik elektro hanya ada 2, yaitu arus lemah dan arus kuat. Dorongan industri yang kuat membuat kebutuhan akan lulusan yang ahli di bidang ini meningkat. Beberapa konsentrasi pun tidak hanya berkembang, tetapi juga memisahkan diri.

Seperti di ITB, Sobat bisa menemui sistem dan teknologi informasi, teknik telekomunikasi, teknik tenaga listrik, teknik biomedik sebagai suatu program studi tersendiri. Sementara itu, di UI dan UNDIP, Sobat bisa menemuinya sebagai konsentrasi. Berbeda dengan UGM, konsentrasi lebih berfokus pada pilihan untuk memperdalam ilmu keteknikan, memperluasnya, atau mencari pengalaman di industri terkait.

Semisal tidak ada konsentrasi yang ingin diperdalam, kamu gak perlu khawatir. Hal ini karena dasar-dasar dari apa yang sudah disebutkan di atas tetap Sobat pelajari, kok!

4. Prospek Kerja bagi Lulusannya

Prospek Kerja. Pexels
Insinyur robotika menjadi salah satu prospek kerja yang sedang mulai meningkat

Dunia manusia terasa seperti sudah terintegrasi dengan teknologi, ya? Teknologi ini tentu butuh hal-hal yang berbau kelistrikan, mulai dari sumber listrik, transmisinya, hingga pemrosesan dan rekayasanya menjadi perangkat elektronik.

Selain itu, industri juga makin berkembang ke arah yang otomatis. Kebutuhan akan tenaga listrik yang memadai dan mesin yang serupa dengan robot pun meningkat. Oleh karena itu, jurusan ini memiliki masa depan yang cerah. Berikut adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan teknik elektro:

  • Insinyur sistem
  • Insinyur robotika
  • Internet of things (IOT) engineer
  • Insinyur biomedik
  • Insinyur kontrol
  • Analis rancangan perangkat keras
  • Insinyur telekomunikasi

5. Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Elektro

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Teknik Elektro. Pexels
Terdapat beberapa perguruan tinggi dengan jurusan teknik elektro

Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan prodi teknik elektro, baik swasta maupun negeri. Beberapa di antaranya adalah

  • UI (Universitas Indonesia),
  • ITB (Institut Teknologi Bandung),
  • UNDIP (Universitas Diponegoro),
  • ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember),
  • Telkom University,
  • UGM (Universitas Gadjah Mada),
  • USU (Universitas Sumatera Utara), dan
  • UNHAS (Universitas Hasanuddin).

Itulah sedikit penjelasan seputar teknik elektro. Dengan melihat prospek kerja dan kebutuhannya di masa depan, nampaknya jurusan ini sangat menguntungkan, ya? Nah, supaya bisa masuk jurusan tersebut, Sobat bisa mulai menyiapkan diri dengan bantuan SimulasiKu, lo!

Cukup ketikkan simulasiku.id di browser-mu, nanti akan muncul banyak media belajar, mulai dari bimbel intensif, video pembelajaran yang lengkap, hingga event try out. Penasaran? Mari cek sekarang juga!

Baca juga: Mengenal S1 Teknik Nuklir UGM, Satu-Satunya yang Ada di Indonesia!

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us