4 Jurusan Teknik untuk Kamu yang Suka Biologi

Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki banyak peminat. Bahkan di jurusan kuliah pun banyak sekali pendaftar yang berkompetisi merebutkan jurusan biologi. Meskipun katanya sulit diterapkan dalam kehidupan, jangan percaya dulu, ya! Ada yang namanya jurusan teknik dengan bidang biologi, di sini kamu bisa berpartisipasi banyak jika ingin menginventasikan sesuatu.

Berikut jurusan yang bisa menjadi incaran kamu kelak!

1. Rekayasa Kehutanan

jurusan teknik yang berbau biologi
Eco bridge, jembatan penyebrangan satwa

Jurusan teknik yang beririsan dengan biologi pertama ada Rekayasa Kehutanan. Rekayasa Kehutanan adalah gabungan antara ilmu kehutanan dan ilmu teknik yang diterapkan untuk mengatasi berbagai permasalahan hutan.

Prospek dari Rekayasa Kehutanan tergolong luas, baik itu di bidang pembangkit listrik tenaga biomassa, restorasi lahan bekas tambang, konservasi hutan, hutan industri, maupun ikut serta dalam proyek pembangunan eco bridge di Indonesia. 

2. Teknik Biomedis

Lengan prostetik

Berbeda halnya dengan Rekayasa Kehutanan, Teknik Biomedis merupakan kombinasi antara ilmu medis dengan ilmu teknik untuk pengembangan teknologi di dunia medis. Kamu pasti tidak asing dengan MRI, pengukur detak jantung, hingga CT-Scan, kan? Nah, teknologi-teknologi tersebut merupakan penerapan dari Teknik Biomedis, lho! Bagi kamu yang suka hal-hal inovatif, yuk gabung Teknik Biomedis!

3. Teknik Bioproses

Bioreaktor

Teknik Bioproses mempelajari pengembangan suatu produk dalam skala industri dengan memanfaatkan biomassa yang tersedia. Di Jurusan ini, kamu akan banyak berurusan dengan banyak mesin industri, salah satunya adalah bioreaktor. Jika kamu tertarik dengan biologi dan penasaran dengan penerapannya untuk membuat suatu produk, maka jurusan ini akan menjadi jawaban masa depan kamu!

4. Rekayasa Pertanian

Smart farming dengan Internet of Things

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, Rekayasa Pertanian. Jurusan ini menggabungkan ilmu pertanian konvensional dan ilmu teknik untuk membangun dan mengelola sistem pertanian modern. Di sini kamu akan menerapkan berbagai teknologi seperti drone, sensor kelembapan, dan banyak teknologi lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menciptakan terobosan teknologi baru untuk dunia pertanian Indonesia! Gimana, tertarik gak nih?

Itulah beberapa rangkuman jurusan-jurusan teknik yang berkaitan erat dengan biologi. Meskipun biologi itu teori banget, ternyata penerapannya di kehidupan nyata juga sangat menarik, terlebih yang berbau teknologi. Bagaimana, apa Jurusan favorit kamu ada di atas? Jika ada, tuliskan di kolom komentar ya!

Baca juga: Biokimia: Pengertian, Sejarah, dan Sifat Dasarnya

Penulis: Nevin Zulfianda Pradana

Penyunting: Aisyah Asharini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us