4 Kampus Negeri yang Menyediakan Jurusan Tata Rias, Kamu Tertarik?

Dewasa ini, dunia kecantikan semakin populer, terutama bagi kaum perempuan. Tak sedikit yang menganggap makeup dapat membangkitkan rasa semangat dan percaya diri. Bila kamu adalah salah satu orang yang gemar berkreasi dengan makeup, mungkin Jurusan Tata Rias bisa menjadi pertimbanganmu, nih!

Saat kuliah nanti, kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang kelak bisa membantumu menjadi penata rias profesional. Mulai dari perawatan wajah, dasar rias, rias fantasi, riasan pengantin tradisional dan internasional, menggambar mode tata rias, pengelolaan usaha tata rias, hingga ilmu bedah plastik. 

Di Indonesia sendiri, terdapat 4 perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka program studi khusus Tata Rias dan Kecantikan. Apa saja? Yuk, simak terus sampai akhir!

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

rekomendasi kampus jurusan tata rias
Tata Rias di UNY terbuka untuk jenjang vokasi

Kampus negeri yang menyediakan Jurusan Tata Rias terbaik di Indonesia salah satunya berada di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kampus ini berlokasi di Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karangmalang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

UNY menawarkan prodi Tata Rias dan Kecantikan untuk jenjang diploma 3 (D3) dan diploma 4 (D4). Prodi tersebut menjadi bagian dari Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB), serta telah mengantongi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Melansir situs resmi UNY, Dekan FT UNY, Dr. Widarto menyatakan bahwa selama ini PTBB telah meraih prestasi yang luar biasa, salah satunya adalah juara World Costume Festival 2016 di Filipina dan beberapa kali menorehkan tinta emas di kejuaraan Asean Skill Competition maupun Indonesia Skill Competition.

Baca juga: 7 Pekerjaan Online untuk Pelajar SMA, Sobat Gap Year Wajib Tahu!

2. Universitas Negeri Padang (UNP)

Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP
Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP menyediakan Jurusan Kecantikan

Jurusan Tata Rias selanjutnya berada di Universitas Negeri Padang (UNP). Kampus ini berlokasi di Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, Padang Utara, Kota Padang. Berada di bawah naungan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan UNP terbuka untuk jenjang D4.

Untuk meningkatkan kualitasnya, UNP melakukan kerja sama dengan instansi dan industri terkait, dengan harapan prodi Tata Kecantikan mampu menghasilkan tenaga kependidikan maupun non kependidikan yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Selain itu, Jurusan Tata Rias UNP juga berupaya menanamkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswanya.

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Prodi Tata Rias di Unnes
Unnes menawarkan Jurusan Tata Rias untuk jenjang S1

Berbeda dengan UNY dan UNP, program studi Pendidikan Tata Kecantikan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) merupakan bagian dari Fakultas Teknik dan lulusannya akan bergelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Kampus negeri yang terletak di daerah Gunungpati, Semarang ini juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang perkuliahan, seperti laboratorium dan perpustakaan.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari bila mengambil Jurusan Tata Rias di Unnes, antara lain Perawatan Kulit dan Tata Rias Wajah, Ilmu Kesehatan Kulit dan Rambut, Kosmetika Tradisional, Gelar Cipta Karya Kecantikan, dan sebagainya.

Terkenal sebagai salah satu kampus hijau di Indonesia, Jurusan Pendidikan Tata Kecantikan Unnes berpedoman pada wawasan konservasi dan reputasi internasional. Dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, prodi ini memegang prinsip-prinsip konservasi, yakni perlindungan, pengawetan, pelestarian sumber daya alam dan seni budaya, serta berwawasan ramah lingkungan.

Baca juga: 6 Pilihan Jurusan Desain Beserta Rekomendasi Kampus Negeri Terbaik

4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

jurusan tata rias di UNJ
UNJ, salah satu kampus negeri terbaik yang memiliki prodi Tata Rias

Kampus negeri terakhir yang menyediakan Jurusan Tata Rias adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pendidikan Tata Rias UNJ terbuka untuk jenjang S1 dan mempunyai visi untuk menjadi program studi unggulan nasional di bidang kecantikan yang berwawasan kewirausahaan. 

Selain menyiapkan mahasiswanya agar mampu bersaing di dunia industri, jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Teknik UNJ ini juga mengembangkan berbagai macam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sama seperti Unnes, setelah lulus dari Pendidikan Tata Rias UNJ, kamu juga akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). 

Adapun, deretan prospek kerja yang dapat kamu tekuni sebagai lulusan Tata Rias adalah sebagai berikut:

  • Beautypreneur
  • Beauty advisor
  • Hair stylist
  • Beautician
  • Beauty writer & editor
  • Makeup artist 
  • Beauty public relations
  • Beauty market research analyst
  • Tenaga pendidik kecantikan

Nah, itulah tadi 4 kampus negeri di Indonesia yang menyediakan Jurusan Tata Rias dan Kecantikan. Sebagai informasi tambahan, kamu dapat mengakses berbagai video materi maupun mengikuti bimbel UTBK dan try out online di SimulasiKu. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us