Ini Dia Jurusan Tata Busana untuk Kamu yang Suka Desain!

Siapa yang sudah nonton film “Cruella” yang rilis bulan Mei lalu? Bagi yang belum tahu, film ini bercerita tentang perjalanan seorang gadis mencapai cita-citanya untuk menjadi seorang fashion designer terkenal. Jika kamu suka mendesain baju dan memiliki mimpi yang sama, di Indonesia juga ada loh Jurusan Tata Busana yang bisa kamu ambil!

Sudah tahu apa saja yang akan kamu pelajari atau kampus mana yang bisa kamu pilih? Yuk ketahui lebih lanjut tentang jurusan ini dengan membaca artikel sampai selesai! 

1. Yuk, Kenalan Dulu dengan Jurusan Tata Busana!

jurusan tata busana https://www.pexels.com/photo/a-person-holding-a-pin-7998237/
Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang fashion designer?

Jurusan Tata Busana merupakan program studi yang menerapkan desain kreatif ke dalam pakaian dan aksesoris yang meliputinya. Selanjutnya, program studi ini juga akan memantapkan prosesmu dalam merancang busana, misalnya seperti penambahan nilai-nilai estetika dan budaya dalam rancangan desain sehingga pakaian yang kamu hasilkan akan memesona!

Setelah lulus, nantinya kamu bisa mencoba peruntungan di dunia fashion dengan menjadi seorang designer, fashion stylist, blogger yang membicarakan isu terbaru tentang mode, membuka butik sendiri, atau kembali ke kampus untuk mengajar! Keren banget kan calon pekerjaanmu ini? 

Baca juga: 7 Rekomendasi Program Studi untuk Siswa Jurusan Bahasa

2. Apa Saja Ya yang Akan Dipelajari di Sini?

tata busana https://www.pexels.com/photo/a-woman-using-a-sewing-machine-6461255/
Sambil belajar, kamu bisa desain baju untuk diri sendiri nih!

Memang sih kamu bakal menjahit baju kreasimu sendiri. Namun, kalau kamu mengira program studi ini hanya belajar menjahit saja, wah kamu salah besar! Karena dalam menciptakan pakaian dengan kualitas terbaik dan relevan dengan tren fashion, tentunya ada banyak sekali aspek yang perlu kamu pertimbangkan. 

Oleh karena itu, nantinya kamu akan belajar dari awal seputar dasar desain, desain busana, pemilihan bahan tekstil, pembuatan pola, teknologi menjahit dan lainnya. Eh, gak lupa juga, selanjutnya kamu akan belajar mengenai dunia mode, konsep dan tren fashion, serta manajemen dan bisnis di lingkup fashion tentunya. See? Gak cuma asal jahit aja dong!

Baca juga: Kuliah di Jurusan Pariwisata, Apa Benar Cuma Jalan-jalan Saja? Yuk, Cari Tahu!

3. Pilih Kampus Impianmu! 

jurusan tata busana https://www.pexels.com/photo/photo-of-a-woman-with-eyeglasses-writing-on-a-magazine-8029710/
Mau pilih kampus yang mana nih?

Sudah siap untuk memulai perjalanan karier menjadi perancang busana? Oke, kalau begitu kamu bisa langsung belajar yang rajin nih agar bisa masuk ke PTN di beberapa daerah yang menyediakan Jurusan Tata Busana. Yuk, coba kita cek daftar kampus berikut ini:

  • Jakarta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan jenjang S1 dan D3.
  • Malang, Universitas Negeri Malang (UM) dengan jenjang S1 dan D3.
  • Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan jenjang S1, D3, dan D4.
  • Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan jenjang S1.
  • Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan jenjang D3 dan D4.
  • Semarang, Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan jenjang S1 dan D3. 

Nah, itu dia beberapa PTN yang bisa kamu incar. Eh, kalau kamu mau ke kampus swasta juga boleh dong! Beberapa kampus populernya seperti ESMOD dan LaSalle College yang terletak di Jakarta. 

Gitu deh, sekilas tentang Jurusan Tata Busana atau Fashion Design! Karena merupakan seni yang dihasilkan dari kreativitas seseorang, pastinya bidang ini akan terus berkembang dengan ide-ide baru, sehingga gak ngebosenin deh. Jadi, kamu gak usah ragu lagi!

Oh iya, supaya kamu makin semangat nih mengejar kampus impian, bisa banget daftar bimbel online bareng SimulasiKu.id! Yuk, main ke website-nya dan temukan banyak video materi, latihan soal, dan Try Out UTBK yang bisa kamu ikuti! 

Baca juga: Kuliah Belajar Makeup, Memangnya Ada ya? Yuk, Kenalan dengan Jurusan Tata Rias!

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us