5 Jurusan Seni di PTN Indonesia, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Halo, Sobat SimulasiKu! Kamu tertarik untuk masuk ke jurusan seni, tetapi masih bingung dengan kampus dan prospek kerjanya? Kalau begitu, pas banget, nih!

SimulasiKu ingin membagikan informasi mengenai 5 jurusan seni di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia. Mulai dari info kuliah, rekomendasi kampus, hingga prospek kerjanya. Yuk, simak!

1. Seni Rupa

jurusan seni rupa
Melukis adalah bagian dari Seni Rupa

Di Jurusan Seni Rupa, kamu akan mempelajari teknik seni rupa dasar baik itu 2D, 3D, gambar konstruktif, manusia, bentuk dan kebudayaan, sejarah kebudayaan Indonesia, fotografi, serta anatomi. Kamu juga dapat memperdalam pengetahuanmu di Studio Seni Keramik, Seni Grafis, Seni Patung, atau Studio Seni Lukis. 

Jurusan Seni Rupa paling terkenal berada di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB). Selain itu, kamu juga dapat menemukan jurusan ini di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, ISI Denpasar, serta ISI Surakarta. Lulusan Seni Rupa dapat menjadi seorang kurator seni, ilustrator, creative director, art director, desainer grafis, maupun animator.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

2. Seni Musik

jurusan seni musik
Prospek kerja lulusan Seni Musik tak hanya menjadi musisi

Kuliah Seni Musik berarti kamu akan meneliti, merancang, dan menyajikan musik, mencakup vokal, alat musik, pertunjukan, hingga sejarah musik. Kamu juga dapat mempelajari aliran musik, termasuk aliran tradisional, pop, jazz, dan sebagainya.

Persiapan diri untuk tes masuknya, antara lain teori tertulis, mendengarkan chord, ritme dan not, memainkan lagu, serta membaca not lagu. 

Jurusan Seni Musik di kampus negeri dapat kamu temukan di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Selain menjadi seorang musisi, lulusan Seni Musik juga berkesempatan menjadi music director, arranger, jingle writer, audio engineer, produser, komposer, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Seni Tari

seni tari
Menghayati tarian yang kamu bawakan adalah aspek penting dalam Seni Tari

Dalam seni tari, kamu akan belajar bagaimana cara memadukan berbagai unsur, seperti raga, irama, dan rasa. Selain itu, kamu juga akan mempelajari koreografi dari berbagai jenis tarian, mulai dari tari tradisional sampai tari modern. Inti dari semuanya adalah bagaimana kamu dapat menghayati dan mempelajari filosofi tarian sehingga tarian akan lebih “bernyawa” saat kamu pentaskan nanti.

Kamu dapat mengambil jurusan ini di ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISI Solo, atau ISI Padangpanjang. Lulusan Seni Tari dapat menjadi seorang penari (dancer), koreografer, pengajar tari, hingga makeup artist.

4. Seni Kriya

program studi seni kriya
Kriya Keramik, salah satu peminatan di Jurusan Seni Kriya

Program studi Seni Kriya mempelajari seni crafting atau kerajinan yang bernilai estetik dan etnik dalam suatu media, seperti kayu, batu, tekstil, logam, dan lain-lain. Seni Kriya memiliki peminatan lain di dalamnya, misalnya Kriya Tekstil dan Kriya Keramik. 

Sama seperti Seni Rupa, Jurusan Seni Kriya juga berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Selain itu, kamu juga dapat menemukan jurusan ini di ISI Yogyakarta dan ISI Denpasar.

Prospek kerjanya, antara lain fabric designer, interior designer, fashion designer, seniman, konsultan, dan pengajar. Lulusan Seni Kriya juga dapat membawa berbagai seni kriya khas Indonesia ke kancah internasional dengan memopulerkan kain tradisional, seperti batik, tenun, dan berbagai kerajinan khas Indonesia lainnya.

Baca juga: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Kenali Minat Bakatmu!

5. Televisi dan Film

jurusan televisi dan film
Jurusan Televisi dan Film, mempelajari teknik pembuatan film

Jurusan seni yang terakhir dan bisa dibilang hampir nggak ada matinya adalah Jurusan Televisi dan Film. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai pengetahuan dan teknik pembuatan film, serta program siaran televisi. Mulai dari cara menulis naskah, penyutradaraan, produksi film, program televisi, membuat storyboard, tata kamera, editing, hingga memahami teori serta sejarah dunia televisi dan film.

Jurusan Televisi dan Film dapat kamu temukan di ISI Yogyakarta, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, ISI Padang Panjang, ISI Surakarta, Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Jember (UNEJ).

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai program designer, produser, sutradara, script writer, art director, sound designer, cameraman, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah tadi 5 jurusan seni yang terdapat di PTN Indonesia. Manakah yang membuatmu tertarik? Untuk membantu persiapanmu dalam SBMPTN nanti, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana, mulai dari video materi, bimbel intensif UTBK, hingga Try Out online. Yuk, segera ikutan!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us