6 Jurusan dan Passing Grade STEI ITB, Pejuang PTN Wajib Baca!

Sobat SimulasiKu pasti semuanya sudah kenal dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), dong? Mungkin, kamu mengincarnya karena terbukti bagus atau untuk memperluas network. Nah, buat Sobat yang pengin kuliah di sana, ada satu sekolah yang paling terkenal di ITB. Namanya adalah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI ITB).

Berdiri sejak tahun 2006 dari gabungan departemen Teknik Elektro dan Teknik Informatika, STEI ITB menjadi salah satu incaran utama para calon mahasiswa, lo! Tak ayal, persaingannya pun ketat. Mau masuk sini juga? Yuk, kenali lebih jauh program studi (prodi) apa saja yang ada di dalamnya!

1. Teknik Elektro, Prodi STEI ITB yang Membahas Prinsip dan Hukum Kelistrikan

Teknik Elektro, Prodi STEI ITB yang Membahas Prinsip dan Hukum Kelistrikan
Teknik Elektro membahas prinsip kelistrikan dan rekayasanya untuk produk elektronik

Prodi STEI ITB yang akan kita bahas pertama adalah Teknik Elektro. Di sini, akan dibahas penerapan prinsip-prinsip kelistrikan dan rekayasanya untuk menghasilkan suatu produk elektronika. Nantinya, Sobat akan banyak berhadapan dengan sirkuit, integrated circuit, mikroprosesor, dan sistem komputer. Tidak hanya berhadapan, kamu juga akan terjun langsung dengan mencoba mendesain sendiri sirkuit, operating system, sampai sistem tanam, lo!

Selain itu, Sobat juga akan mempelajari sisi pemrogramannya. Ini berbeda dengan yang ada di Teknik Informatika. Pemrograman yang akan kamu temui lebih menjurus ke hardware, seperti memprogram sistem tanam, sinyal, software jaringan, mikroprosesor, sampai memprogram dengan bahasa C.

2. Teknik Tenaga Listrik, Berfokus pada Produk-Produk Tegangan Tinggi

Teknik Tenaga Listrik, Berfokus pada Produk-Produk Tegangan Tinggi
Teknik tenaga listrik bertugas mengefisiensikan pembangkitan listrik

Berbeda dengan Teknik Elektro, alih-alih menerapkan prinsip dan hukum kelistrikan dalam suatu produk, Teknik Tenaga Listrik berfokus pada produk-produk bertegangan tinggi. Sobat akan mempelajari seputar pembangkit listrik, motor elektrik, mesin elektrik, manajemen energi, hingga SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) dan high voltage engineering.

Dengan semakin menurunnya pasokan bahan bakar untuk pembangkit listrik, manusia di masa depan harus makin mengefisiensikan pembangkitan dan penyaluran listriknya. Di situlah, lulusan Teknik Tenaga Listrik dapat mengaplikasikan ilmunya.

Baca juga: Kuliah di ITB? Yuk, Ketahui 5 Fakta Menarik Ini!

3. Teknik Telekomunikasi, Prodi STEI ITB yang Berkutat dengan Gelombang

Teknik Telekomunikasi, Prodi STEI ITB yang Berkutat dengan Gelombang
Pemancar sinyal, salah satu materi yang mahasiswa Teknik Telekomunikasi pelajari

Selain Teknik Tenaga Listrik, pengembangan dari Teknik Elektro di STEI ITB lainnya adalah Teknik Telekomunikasi. Menurut ITB, Teknik Telekomunikasi menggabungkan ilmu interdisipliner, mulai dari elektronika, ilmu komputer, manajemen, ekonomi, hingga sains dan ilmu rekayasa. Semuanya demi mewujudkan pengembangan telekomunikasi dan infrastrukturnya yang efektif.

Pada bidang ini, Sobat akan memahami bermacam-macam gelombang dan bagaimana gelombang dapat berubah menjadi sinyal. Kamu juga akan mempelajari media transmisinya (seperti kabel optik, antena, radar, satelit) hingga cara memanajemen penerimaan sinyal pada perangkat wireless dan melakukan broadcast.

4. Sistem dan Teknologi Informasi, Penggabungan SI dan TI

Sistem dan Teknologi Informasi, Penggabungan SI dan TI
Memahami berbagai informasi di perusahaan dan memvisualisasikannya adalah salah satu tugas mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi

Setelah melihat prodi yang banyak fisikanya, saatnya menengok yang lebih banyak matematika dan logika khas informatikanya, nih. Namanya adalah Sistem dan Teknologi Informasi. Prodi ini unik karena menggabungkan Sistem Informasi (SI) dengan Teknologi Informasi (TI).

Di dalamnya, Sobat SimulasiKu akan mendapatkan mata kuliah SI, antara lain manajemen sistem informasi, arsitektur enterprise, teknologi sistem terintegrasi, dan manajemen organisasi. Tidak hanya itu, juga terdapat mata kuliah TI yang membahas berbagai macam bidang di ilmu komputer, misalnya keamanan jaringan, forensik digital, software engineering, dan kecerdasan buatan.

5. Teknik Informatika, Prodi STEI ITB yang Paling Populer

Teknik Informatika, Prodi STEI ITB yang Paling Populer
Teknik Informatika ITB lebih menekankan pada bidang aplikatif

Sudah ada sejak sebelum STEI ITB berdiri, Teknik Informatika merupakan salah satu prodi yang paling populer. Walaupun sebenarnya sama seperti Ilmu Komputer, ITB memfokuskan Teknik Informatikanya untuk memenuhi kebutuhan di bidang penerapan. Alhasil, kamu akan mempelajari bagaimana komputasi bekerja serta melakukan rekayasa data untuk mendapatkan informasi baru.

Apabila mengambil salah satu prodi pembangun STEI ITB ini, mata kuliah yang akan Sobat pelajari berupa fundamental perangkat lunak, pembelajaran mesin, software engineering, sains data, strategi algoritme, dan pemrograman web.

Baca juga: 5 Fakta tentang Teknologi Informasi, Bahas Dunia IT Lebih Komprehensif

6. Teknik Biomedis, Belajar Menciptakan Teknologi di Bidang Kesehatan

Teknik Biomedis, Belajar Menciptakan Teknologi di Bidang Kesehatan
Teknik Biomedis mempelajari rekayasa elektronika di bidang kesehatan

Yang terakhir, mari berkenalan dengan prodi termuda di STEI ITB. Kebetulan, bidangnya sedang booming banget, nih. Inilah Teknik Biomedis. Seperti namanya, Sobat SimulasiKU akan belajar menciptakan teknologi-teknologi di bidang kesehatan. Ini sejalan dengan bidang kesehatan yang makin maju dengan inovasi alat-alat elektronik penunjangnya.

Untuk mata kuliahnya sendiri, banyak sekali yang merupakan penggabungan antara biologi, teknik elektro, dan teknik informatika. Contohnya adalah biokimia, bioelektromagnetika, sistem informasi medis, biosensor, biomekanika, hingga fisika radiologi. Apakah Sobat berminat masuk ke sini?

7. Passing Grade STEI ITB

Passing Grade STEI ITB
STEI ITB adalah salah satu sekolah/fakultas di ITB dengan passing grade tertinggi

ITB memang tidak pernah secara resmi mengumumkan passing grade tiap fakultas dan sekolahnya. Walaupun begitu, beberapa pihak eksternal memiliki beragam data dan dapat merangkumnya menjadi suatu prediksi passing grade. Oleh karena itu, jadikan informasi di bawah ini hanya sebagai gambaran, ya!

Jadi, menurut laman Heru Dewanto, passing grade untuk STEI ITB adalah 59%. Ini menjadi salah satu passing grade yang tertinggi se-ITB. Bisa kamu tebak, tentu persaingannya bakal ketat banget!

Ternyata, ada banyak sekali pilihan jurusan dan prodi di STEI ITB. Meskipun begitu, bagi yang ingin masuk perguruan tinggi tersebut, Sobat SimulasiKu tetap harus mengikuti Tahap Persiapan Bersama (TPB) dulu selama setahun sebelum akhirnya dapat bersaing kembali dalam memperebutkan prodi yang kamu inginkan.

Sekalipun persaingan di ITB ketat, kamu gak perlu takut. Sobat SimulasiKu dapat mulai mempersiapkan diri dengan mencoba try out, bimbel intensif, hingga video pembelajaran di website SimulasiKu. Gak percaya? Cek aja sendiri!

Baca juga: Ini dia Daftar Jurusan Sepi Peminat SNMPTN ITB dan UNPAD

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us