Jurusan Matematika Punya Masa Depan Cerah? Ini 5 Alasannya!

Matematika identik dengan perhitungan yang rumit. Belum lagi ketika memasuki jurusannya, banyak mata kuliah yang bersifat abstrak dan kompleks. Kamu pun bertanya-tanya, “Kalau pembelajarannya seperti itu, mau jadi apa di masa depan?” Alhasil, orang-orang yang tertarik dengan matematika lebih memilih jurusan lain, seperti Ilmu Komputer, Aktuaria, atau Statistika.

Lantas, apakah benar jurusan ilmu murni yang satu ini cuma susah doang, tetapi gak punya masa depan cerah? Tentu saja tidak! Justru, masa depannya cerah dan bahkan potensial. Gak percaya? Simak 5 alasannya di bawah ini!

1. Mahasiswa Jurusan Matematika Merupakan Problem Solver

problem solving. Pexels
Skill analisis dan problem solving jurusan Matematika tidak diragukan lagi

Matematika membiasakan para mahasiswanya untuk berpikir secara terstruktur dan analitis. Mahasiswanya pun mendapat tuntutan harus dapat mengasah logikanya dengan kuat untuk mencari hubungan antara rumus satu dengan lainnya atau menurunkannya menjadi sebuah rumus baru.

Selain itu, para mahasiswa jurusan ini juga harus mampu mengamati permasalahan yang ada dari sudut pandang yang matematis, seperti mencari hubungan antardua jenis data yang berbeda.

Di masa depan, banyak sekali orang yang akan membutuhkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan logis seperti itu. Apalagi, Sobat memiliki spesialisasi berpikir secara matematis—sesuatu yang banyak orang hindari karena ribet. Kemampuanmu membawa permasalahan ke dalam model di dalam matematika itu akan mendapat tawaran tinggi.

2. Prospek Kerja Jurusan Matematika Luas

Prospek Kerja Jurusan Matematika Luas. Pexels
Bahkan, lulusannya bisa menjadi manajer gudang

Kata siapa jurusan ilmu murni susah dapet kerja? Buktinya, ada banyak prospek kerja yang menanti lulusan jurusan Matematika. Pertama, kalau Sobat mengagumi matematika murni sebagai suatu cabang ilmu dan “seni”, kamu bisa menjadi dosen atau matematikawan.

Sobat juga bisa menjadi manajer gudang yang menganalisis berapa pembelian barang dan persediaan yang paling efisien. Namun, pekerjaan ini tidak segampang yang dikira karena nantinya, Sobat akan banyak menghitung menggunakan kalkulus.

Mau mencoba ranah keuangan? Bisa! Berbekal kemampuan pemodelan matematika dan menghubungkan antardata, Sobat bisa menjadi investment analyst atau financial manager. Selain itu, auditor juga layak dicoba, nih. Tugasnya adalah mengecek apakah laporan keuangan perusahaan sudah sesuai atau belum.

Mau mencoba ranah jurusan tetangga? Posisi ahli statistika dan aktuaris tetap terbuka lebar, kok. Hal ini karena kedua mata kuliah dan konsetrasi pekerjaan tersebut juga terdapat di jurusan Matematika. Jadi, Sobat tinggal memperdalamnya lagi saja.

Tidak hanya itu, berbekal kemampuan berpikir logis dan problem solving, Sobat juga bisa menjadi programmer, lo! Ada mata kuliah yang menjadi dasar bagi keseluruhan Ilmu Komputer di jurusan ini, yaitu Matematika Diskret. Prospeknya luas banget, kan?

3. Berkolaborasi dengan Bidang Lain

mahasiswa jurusan Matematika dapat saling berkolaborasi dengan bidang lain. Pexels
Karena menghubungkan banyak ilmu lain, mahasiswa jurusan Matematika dapat saling berkolaborasi

Matematika terkenal sebagai ilmu yang menghubungkan segala macam ilmu. Hal ini tidak terbatas pada sains alam saja, tetapi juga social sciences.

Di kimia, fisika, ilmu komputer, bahkan ekonomi dan akuntansi, rumus-rumusnya menggunakan pendekatan jurusan ini. Oleh karena itu, apabila bidang lain tengah melakukan sesuatu, anak jurusan Matematika bisa ikut membantu.

Sebagai contoh, ketika anak Ilmu Komputer sedang ingin mengembangkan algoritme atau kecerdasan buatan tertentu, anak jurusan Matematika bisa ikut dengan membuat flowchart algoritmenya atau model machine learning.

Selain itu, mereka juga bisa berada dalam tim riset ilmu sosial, seperti ketika anak Sosiologi atau Ekonomi membutuhkan penganalisis data statistik hasil penelitian. Jadi, hal ini semakin menambah keberagaman prospek karier dan networking Sobat ke depannya.

Baca juga: Masih Bingung Pilih Jurusan? Yuk, Kenali Jurusan Ekonomi Syariah!

4. Jurusan Matematika Update dengan Teknologi Terkini

Jurusan Matematika Update dengan Teknologi Terkini. Pexels
Update dengan teknologi terkini dapat menambah hard skill dan mempercantik CV

Dasar ilmu komputer adalah matematika. Nah, produknya—teknologi informasi—juga erat dengan matematika. Contohnya yang paling gampang adalah Microsoft Excel. Gak diragukan lagi, rumus dan fungsi matematika Excel sangat membantu dalam melakukan perhitungan secara cepat.

Contoh lain yang sedikit lebih kompleks adalah aplikasi pengolah data SPSS dan bahasa pemrograman. Pengoperasian semua aplikasi tersebut minimal membutuhkan skill melihat permasalahan secara matematis dan analitis. Nah, ini cocok banget dengan skill para mahasiswa jurusan Matematika.

Karena melek teknologi, ini menjadi sebuah keuntungan bagi Sobat untuk melengkapi CV. Kalaupun gak terpakai di tempat kerja, hard skill semacam itu setidaknya dapat membantu perkuliahanmu. Sehingga, nothing to lose.

5. Terbuka dengan Studi Lanjut yang Beragam

studi lanjut yang beragam. Pexels
Lulusan jurusan Matematika dapat lebih lanjut belajar ilmu-ilmu lain

Sebagai program studi yang umum, tetapi memiliki banyak koneksi ke hal-hal spesifik, Matematika membuka pintu lebar-lebar untuk studi lanjut. Mau tetap di matematika? Sobat tetap bisa karena kanyak perguruan tinggi S-2 Matematika Murni maupun Terapan. 

Di samping itu, belajar sendiri pun juga bisa. Sebagai contoh, Sobat dapat memperdalam dasar-dasar Data Science, Aktuaria, Statistika, atau Komputasi yang sudah dipelajari semasa kuliah. Nanti, kamu bisa ikut ujian sertifikasi mandiri dan dapat pengakuan kompeten di bidang tersebut.

Ternyata, jurusan Matematika keren juga, ya? Jadi, jangan anggap sebelah mata jurusan ini lagi. Tau, gak, apa lagi yang keren? Betul, media belajar di SimulasiKu! Di dalamnya, terdapat video belajar segala materi SMA dan bimbel intensif.

Mau ikut UTBK? Tenang, semua media tadi cocok untuk persiapan UTBK, kok. Bahkan, ada tambahan try out-nya juga, lo! Jadi, tunggu apa lagi? Cek sekarang, yuk!

Baca juga: 5 Alasan Fakultas Teknik Banyak Diminati, Kamu Tertarik?

Editor: Fria Sumitro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us