5 Jurusan Kuliah Paling Mudah dan Santai, Apa Saja?

Memilih jurusan memang bukan perkara mudah, apalagi menjalaninya. Tidak sedikit siswa yang mengambil program studi tertentu hanya karena terdengar keren dan mementingkan gelar semata. Pada akhirnya, mereka akan merasa salah jurusan di tengah masa perkuliahan. Kali ini, SimulasiKu ingin membagikan informasi mengenai jurusan kuliah paling mudah yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untukmu. 

Deretan jurusan ini cenderung lebih santai ketimbang prodi yang berkutat dengan banyak teori dan hitungan, seperti ilmu murni dan teknik. Tidak juga menuntut banyak hafalan, layaknya jurusan hukum. Kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakatmu melalui jurusan-jurusan ini. Penasaran? Yuk, simak! Berikut ini 5 jurusan kuliah paling mudah beserta info kampus dan prospek kerjanya!

Baca juga: 6 Jurusan UNDIP yang Sepi Peminat pada SBMPTN 2021, Kamu Tertarik?

1. Jurusan Sastra

jurusan kuliah paling mudah
Sastra, salah satu jurusan kuliah paling mudah

Banyak orang yang menganggap Jurusan Sastra sebagai jurusan yang santai dan fleksibel karena pembahasan materinya yang tidak melulu terkait dengan rumus atau teori. Kendati demikian, pembelajaran bahasa membutuhkan pemahaman linguistik yang mendalam tentang bagaimana memahami suatu bahasa, termasuk aspek budayanya. Hal ini berlaku untuk semua jenis Jurusan Sastra, baik bahasa asing, bahasa Indonesia, maupun bahasa daerah.

Kampus dengan Jurusan Sastra terbaik di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), dan masih banyak lagi. Secara umum, lulusan Sastra dapat menjadi seorang penerjemah, editor, jurnalis, copywriter, content writer, penulis buku, penulis naskah (script writer), maupun bekerja di instansi pemerintah, lembaga penelitian, dan production house.

2. Jurusan Seni

jurusan seni
Jurusan Seni terdiri dari beberapa bidang

Seni merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling mudah kedua bagi seseorang yang kreatif. Alih-alih berkutat dengan teori dan angka, jurusan ini lebih mengedepankan praktik. Ada berbagai macam Jurusan Seni yang dapat kamu tekuni, mulai dari Seni Rupa dan Kriya, Seni Musik, Seni Tari, hingga Televisi dan Film. Jurusan Seni Rupa dan Kriya terbaik dapat kamu temukan di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung.

Untuk jurusan seni lainnya, rekomendasi kampus terbaiknya, antara lain Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, ISI Denpasar, dan ISI Surakarta. Prospek kerja dari masing-masing bidang pun terbuka lebar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai info kuliah dan profesi lulusannya, kamu bisa membacanya di sini.

Baca juga: Jurusan Teknik Sipil: Cabang Ilmu, Info Kampus, Hingga Prospek Kerja

3. Jurusan Perhotelan

jurusan kuliah perhotelan
Lulusan Perhotelan berpotensi menjadi patissier dan chef

Perhotelan juga menjadi salah satu jurusan kuliah paling mudah yang banyak menjadi incaran. Perhotelan merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnisnya.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari pada prodi ini pada umumnya terdiri dari Tata Boga (Food Production), Administrasi Hotel, Divisi Kamar (Room Division), Tata Hidang (Food & Beverage Service), Patiseri (Pastry), dan Psikologi Pelayanan.

Beberapa pilihan kampus terbaik dengan Jurusan Perhotelan Terakreditasi A, antara lain Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Padang (UNP), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lulusan Perhotelan dapat menjadi seorang concierge hotel, marketing hotel, wedding/event organizer, ahli minuman anggur (sommelier), chef, patiseri, food service manager, maupun manajer penginapan.

4. Jurusan Pariwisata

jurusan pariwisata
Jurusan Pariwisata cocok untuk kamu yang suka traveling

Kamu suka traveling dan ingin masuk jurusan kuliah yang asyik? Kalau begitu, Jurusan Pariwisata bisa menjadi jawabanmu. Prodi ini juga terbilang mudah lulus dengan prospek kerja yang menjanjikan, mengingat pariwisata merupakan aspek potensial di Indonesia. Sering dikaitkan dengan Jurusan Perhotelan, bidang ilmu ini mempelajari sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata, juga manajemen perhotelan.

Kampus yang menyediakan Jurusan Pariwisata terbaik berada di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Universitas Udayana (Unud), Universitas Brawijaya (UB), dan sebagainya.

Selain berprofesi sebagai tour guide, kamu juga bisa menjadi konsultan kepariwisataan, staf maskapai penerbangan, staf kapal pesiar, maupun seorang content creator traveling. Perlu kamu tahu, pekerjaan ini dapat memperoleh penghasilan sekitar 10 juta tiap bulannya, lo! Keren banget, ‘kan?

5. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

pendidikan jasmani dan kesehatan
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan mempelajari berbagai jenis olahraga

Jurusan kuliah paling mudah yang terakhir adalah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Sesuai namanya, jurusan yang satu ini lebih berfokus pada praktik yang berkaitan dengan olahraga.

Kamu akan mempelajari kesehatan fisik maupun mental, mulai dari aturan dalam berolahraga, peningkatan fungsi fisik, nutrisi, strategi dan taktik, hingga metode pengajaran olahraga. Hampir semua jenis olahraga akan kamu lakukan, seperti renang, basket, voli, atletik, sepak bola, dan lain-lain.

Kamu dapat mengambil jurusan ini di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan masih banyak lagi. Lulusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan berpeluang untuk menjadi seorang instruktur olahraga, atlet, penyiar olahraga, dosen, dan terapis fisik.

Nah, itulah 5 jurusan kuliah paling mudah beserta info kampus dan prospek kerjanya. Untuk memudahkanmu dalam persiapan masuk perguruan tinggi nanti, SimulasiKu menyediakan berbagai sarana belajar. Mulai dari video materi, bimbel intensif UTBK, hingga try out online. Yuk, kepoin sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us