5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Masa Depan!

Memutuskan pilihan jurusan kuliah memang bukanlah perkara sepele. Butuh perencanaan dan strategi jitu biar enggak ada kata penyesalan di belakang. Apalagi waktu ngomongin habis lulus mau kerja apa! Haduh, tambah pusing deh. Eits tenang! Mungkin kamu belum tahu, ini dia 5 jurusan kuliah paling dibutuhkan di masa depan! Yuk simak artikelnya!

1. Teknik Informatika, Jurusan Kuliah dengan Masa Depan Cerah

Teknik Informatika jadi jurusan kuliah yang menjanjikan.
Siapa yang berminat kuliah di Jurusan Informatika?

Kebutuhan akan teknologi oleh masyarakat kini makin meningkat. Banyak orang-orang yang kemudian mengandalkan produk teknologi untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Enggak percaya? Cek saja berapa banyak aplikasi terpasang di smartphone-mu! 

Mulai dari hiburan, keuangan, informasi, sampai perbelanjaan, semuanya ada! Oleh sebab itu, lulusan Teknik Informatika banyak diburu oleh perusahaan. Terbukti sebanyak 4,4% perusahaan mengaku membutuhkan teknisi operasi TIK dan pendukung pengguna.

Jadi, kalau kamu punya ketertarikan dengan hal-hal berbau teknologi, enggak ada salahnya buat masuk Jurusan Teknik Informatika. Kamu bakalan belajar soal Dasar-Dasar Pemrograman, Kalkulus, Sistem Informasi, Basis Data, hingga Proyek Perangkat Lunak. Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini ialah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), atau Universitas Padjadjaran (Unpad). Sehabis lulus kamu bisa jadi web developer, software development, atau konsultan ahli jaringan.

2. Manajamen 

Ilmu Manajemen juga akan banyak digunakan di masa depan.
Ternyata marketing bukan cuma jualan sama promosi lo!

Mungkin kamu pernah mendengar lelucon “S3 marketing Harvard” di beranda media sosialmu. Nyatanya, pekerjaan marketing memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, bukan hanya sekedar promosi ataupun jualan. Bahkan, berdasarkan prediksi World Economic Forum, pekerjaan digital marketing dan strategy specialist menduduki peringkat 4 favorit pada tahun 2025.

Sekiranya berkeinginan menjadi seorang marketer, bisa nih mengambil Jurusan Manajemen dengan konsentrasi berupa Manajemen Pemasaran. Kamu akan mendalami seputar Komunikasi Pemasaran, Perencanaan Pemasaran, Perencanaan Media dan Periklanan, hingga Ekonomi Media. Salah satu kampus yang menyediakan jurusan ini ialah Universitas Indonesia (UI).

3. Ilmu Keperawatan Jadi Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Akibat pandemi COVID ini, Jurusan Keperawatan jadi sangat dibutuhkan.
Seorang perawat bisa bekerja di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit

Tenaga kesehatan merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Berbagai fasilitas kesehatan membutuhkan tenaga kesehatan, baik di klinik, puskesmas, hingga rumah sakit. Munculnya pandemi COVID 19 semakin menyadarkan kita akan pentingnya profesi satu ini. Mengutip dari detik.com, rekrutmen bidang kesehatan diperkirakan tumbuh sebesar 16% pada dekade mendatang.

Apabila ingin berprofesi sebagai tenaga kesehatan, mengambil Jurusan Ilmu Keperawatan boleh jadi alternatif pilihan. Kamu akan mempelajari tentang Konsep Dasar Keperawatan, Asuhan Keperawatan, Psikologi Dasar, Anatomi, dan Fisiologi Manusia, dan masih banyak lagi. Bagaimana, tertarik mencobanya? Adapun universitas yang menyediakan jurusan ini antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Sriwijaya.

Baca Juga: 4 Jurusan Teknik untuk Kamu yang Suka Biologi

4. Lulusan Desain Komunikasi Visual ke Depannya Bakalan Banyak Dicari!

Jurusan kuliah satu ini sepertinya tak perlu diragukan lagi!
Kalau kamu jago gambar, boleh nih masuk jurusan ini!

Enggak bisa dipungkiri kalau media sosial saat ini jadi salah satu hal yang lekat dengan keseharian kita. Terhitung jumlah penggunanya di Indonesia tahun 2019 mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Melihat tingginya angka pengguna media sosial, banyak pihak lantas memanfaatkannya sebagai sarana branding.

Nah, disitulah lulusan Desain Komunikasi Visual ramai dibutuhkan dunia kerja. Sebab, perusahaan butuh produksi konten. Selama kuliah, kamu akan mengulik hal-hal tentang Metodologi Desain, Tipografi, Audio Visual, maupun Animasi. Prospek kerjanya yaitu editor film dan video, animator, serta konsultan branding. Beberapa kampus yang membuka jurusan ini antara lain Institut Seni Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Baca Juga: Ini Dia Jurusan Tata Busana untuk Kamu yang Suka Desain!

5. Statistika

Statistika akan banyak dicari di masa depan untuk mengolah data.
Mau jadi data analyst? Masuk Jurusan Statistika aja!

Terakhir, ada Jurusan Statistika yang mana lulusannya dapat berprofesi sebagai data analyst. Meskipun relatif baru, tetapi profesi satu ini cukup menjanjikan di masa depan. Dengan demikian, masuk jurusan ini nampaknya bisa jadi pilihan menarik. Nantinya, kamu bakalan belajar soal Komputasi Statistika, Data Analisis Kategori, juga Metode Numerik. Terkait pilihan universitasnya, ada Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, dan IPB University.

Well, itulah 5 jurusan paling dibutuhkan di masa depan. Kamu boleh riset kecil-kecilan dulu buat gali info lebih dalam. Habis itu, persiapkan segala sesuatunya!

Persiapkan dirimu dengan belajar bareng SimulasiKu! Kamu bisa ikutan try out UTBK setiap minggunya dan juga kelas online lo! Tunggu apalagi, buruan daftar!

Baca Juga: 5 Kampus yang Sering Dipakai Syuting Film!

Editor: Agnes Zefanya Yonatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us