6 Jurusan Kuliah Kesehatan Paling Menjanjikan Selain Kedokteran, Apa Saja?

Dari tahun ke tahun, Jurusan Kedokteran selalu menarik banyak peminat karena peluang kerjanya yang cukup menjanjikan. Bahkan, beberapa calon mahasiswa harus melalui gap year demi mendapatkan jurusan impian ini. Padahal, masih banyak jurusan kuliah kesehatan lain yang juga memiliki prospek kerja yang luas, lo!

Bagi kamu yang tertarik berkecimpung di dunia medis, wajib banget untuk kenalan dengan 6 jurusan kesehatan berikut ini! Yuk, simak!

1. Teknik Biomedis

jurusan kuliah kesehatan
Teknik Biomedis, mempelajari peralatan medis

Jurusan Teknik Biomedis memang terbilang baru di dunia pendidikan Indonesia, tetapi prospek kerja jurusan ini layak diperhitungkan di masa depan.

Berbeda dari jurusan kuliah kesehatan pada umumnya, Teknik Biomedis lebih meninjau dari segi instrumentasi dan peralatan kedokteran, pengolahan data dan citra medis, serta pengembangan sistem informasi kesehatan.

Kisaran gaji lulusan Teknik Biomedis di negara maju seperti Amerika bisa mencapai US$62,700 sampai US$104,000 atau sekitar 0,8 sampai 1,4 miliar rupiah! Bukan tidak mungkin, selama beberapa tahun ke depan, jurusan ini juga miliki prospek kerja yang juga menjanjikan di Indonesia.

Jurusan Teknik Biomedis terbaik di Indonesia dapat kamu temukan di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Adapun, lulusan Teknik Biomedik dapat bekerja di rumah sakit pemerintah atau swasta, laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan obat atau farmasi, lembaga penelitian, maupun menjadi seorang tenaga pendidik.

Baca juga: 5 Hal Penting Perlu Dilakukan Saat Pelaksanaan UTBK, Jangan Lewatkan!

2. Radiologi

jurusan radiografi
Radiografer mendiagnosis melalui implementasi radiasi gelombang

Radiologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan implementasi radiasi gelombang.

Umumnya, Jurusan Radiologi di perguruan tinggi menyediakan jenjang pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4. Lulusan D3 akan bergelar Ahli Madya Radiodiagnostik dan Radioterapi, sedangkan lulusan D4 bergelar Sarjana Sains Terapan (S.St).

Kampus dengan Jurusan Radiologi terbaik di Indonesia, antara lain Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), serta Universitas Airlangga (Unair).

Lulusan Radiologi berpeluang untuk menjadi radiografer, ahli terapis radiologi, ahli teknologi pengobatan nuklir, teknisi radiologi medis, akademisi, hingga peneliti.

3. Fisioterapi

prodi fisioterapi
Seorang fisioterapis berperan dalam rehabilitasi pasiennya

Jurusan kuliah kesehatan yang satu ini mungkin masih asing di telinga kamu, meskipun kehadirannya di dunia kesehatan sangat penting. Secara umum, Fisioterapi merupakan cabang ilmu kesehatan yang erat dengan penanganan kelainan fisik. 

Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana mengoptimalkan, menstabilkan, atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak pada tubuh manusia. Oleh karena itu, selama kurang lebih 4 tahun masa perkuliahan, kamu akan mempelajari anatomi tubuh manusia beserta fungsi-fungsinya.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran sebagai seorang fisioterapis. Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa praktik sendiri sebagai konsultan layanan fisioterapi, misalnya untuk atlet atau orang-orang dengan penyakit tertentu.

Kamu dapat menjumpai jurusan fisioterapi di Universitas Indonesia (UI), Universitas Udayana (Unud), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan sebagainya.

4. Ilmu Keperawatan

jurusan keperawatan
Lulusan Keperawatan dapat menjadi pengasuh anak

Selain dokter, setiap rumah sakit atau puskesmas pasti membutuhkan seorang perawat, bukan? Jadi, sudah pasti Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan kuliah kesehatan dengan prospek kerja menjanjikan.

Di prodi ini, kamu akan belajar teori dasar keperawatan, bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, maupun teknologi baru yang membantu proses pemulihan fisik dan mental pasien tersebut.

Selain menjadi perawat di rumah sakit, kamu juga bisa menjadi pengasuh anak atau bayi, perawat bagi lansia, perawat kesehatan mental, maupun perawat gigi. Kampus yang menyediakan Jurusan Keperawatan terbaik, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Serba-serbi Ilmu Psikologi: Jenis, Info Kampus, dan Prospek Kerjanya

5. Farmasi

rekomendasi kuliah farmasi
Farmasi, salah satu jurusan kuliah kesehatan yang menjanjikan

Jurusan Farmasi tak hanya mengajarkanmu untuk meracik obat, melainkan juga mempelajari cara menentukan obat yang tepat untuk suatu jenis penyakit, dan bagaimana obat tersebut dapat bekerja secara efektif tanpa efek samping. Kamu juga akan belajar mengenai manajemen obat-obatan, termasuk pendistribusian dan cara penyimpanannya. 

Prospek kerja utama lulusan Farmasi memang menjadi apoteker, tetapi kamu juga bisa bekerja di bidang lain, seperti industri makanan, kosmetik, dan perawatan kulit. Beberapa PTN yang memiliki Jurusan Farmasi terbaik, meliputi Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

jurusan k3 termasuk jurusan kuliah kesehatan
Ahli K3 bertugas menjaga keselamatan di lokasi konstruksi

Terakhir, Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) juga termasuk jurusan kuliah kesehatan yang menjanjikan karena banyak dibutuhkan di berbagai industri, terutama yang bergerak di bidang konstruksi atau proyek. Jurusan ini mempelajari bagaimana menangani bahaya yang ada di tempat kerja serta pencegahannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kecelakaan kerja dan risiko lainnya yang dapat terjadi.

PTN dengan Jurusan K3 terbaik, antara lain Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Veteran Pembangunan Nasional (UPN Jakarta), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

Lulusan K3 berpeluang untuk menjadi koordinator keselamatan dan kesehatan kerja, pengawas konstruksi bangunan, environmental specialist, serta health and safety engineers. Melansir CNN Indonesia, gaji seorang ahli K3 untuk level officer adalah sekitar Rp120 juta per tahun, dan bisa lebih tinggi untuk level manajer.

Nah, itulah 6 jurusan kuliah kesehatan dengan prospek kerja yang menjanjikan. Sobat tertarik dengan jurusan yang mana, nih? Sebagai informasi tambahan, SimulasiKu menyediakan sarana pembelajaran, seperti video materi, bimbel intensif UTBK, serta try out online. Yuk, cek sekarang juga!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us