6 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan, Apa Saja?

Dewasa ini, perbedaan gender memang bukan menjadi masalah. Banyak perempuan menggeluti profesi yang membutuhkan tenaga fisik.

Begitu pula sebaliknya, tidak sedikit laki-laki menekuni pekerjaan halus yang membutuhkan ketelatenan. Kali ini, SimulasiKu ingin memperkenalkan 6 jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Yuk, simak!

1. Ilmu Keperawatan

jurusan kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan
Perawat gigi, salah satu prospek kerja Ilmu Keperawatan

Sudah menjadi rahasia umum, Jurusan Ilmu Keperawatan selalu didominasi oleh perempuan. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari teori maupun teknologi terkini dalam perawatan kesehatan fisik dan psikis. Di samping menjadi perawat rumah sakit, kamu juga bisa menjadi perawat bagi lansia, perawat gigi, pengasuh anak atau bayi, maupun menjadi seorang terapis.

Beberapa kampus negeri yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tertarik mengambil Ilmu Keperawatan, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat, Kamu Tertarik?

2. Kedokteran

jurusan kedokteran
Jam sibuk tidak menjadi halangan bagi perempuan untuk menempuh Jurusan Kedokteran

Kuliah Jurusan Kedokteran memang bukan hal yang ringan bagi para perempuan, terutama ketika sudah memasuki masa Koas (co-assistant). Kamu harus siap jika diberi tugas jaga pada malam hari. Kendati demikian, kini sudah banyak kaum perempuan yang mengisi berbagai profesi pendidikan dokter. Mulai dari dokter umum, dokter anak, dokter gigi, hingga dokter hewan.

Menurut Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) by Subject 2022, 6 PTN dengan Jurusan Kedokteran terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • UI (Universitas Indonesia)
  • UNAIR (Universitas Airlangga)
  • UB (Universitas Brawijaya)
  • UGM (Universitas Gadjah Mada)
  • UNHAS (Universitas Hasanuddin)
  • UNPAD (Universitas Padjadjaran)

3. Psikologi

jurusan psikologi adalah jurusan kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan untuk Perempuan
Seorang perempuan dianggap lebih cocok untuk menjadi psikolog

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan lainnya adalah Psikologi. Seorang perempuan dinilai lebih perasa, serta memiliki empati yang lebih tinggi untuk dapat mendengarkan cerita orang lain. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia secara mendalam, serta alasan yang melatarbelakangi perilaku atau sikap tersebut. 

Jurusan Psikologi memiliki beberapa peminatan lagi di dalamnya, yaitu Psikologi Klinis, Industri dan Organisasi, Pendidikan, Sosial, Perkembangan, serta Psikologi Umum dan Eksperimental. Tak semua Jurusan Psikologi termasuk ke dalam rumpun Saintek. Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu lebih dahulu, ya, sebelum memilih kampus. 

Adapun, 4 PTN favorit yang memiliki Jurusan Psikologi Saintek, antara lain Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Baca juga: 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Kenali Minat Bakatmu!

4. Farmasi

jurusan farmasi
Farmasi, jurusan menjanjikan untuk perempuan

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan IPA yang terbilang sepi peminat, tetapi memiliki prospek kerja besar. Jurusan ini akan mempelajari cara meracik obat dan pengaplikasiannya, sangat cocok untuk anak perempuan yang teliti. 

Tak hanya menjadi seorang apoteker, lulusan Farmasi juga dapat menjadi peneliti di perusahaan obat, pangan atau kosmetik, dosen, dan lain-lain. Kampus negeri dengan Jurusan Farmasi terakreditasi A, contohnya ITB, UGM, UI, UNPAD, UNAIR, dan UNAND.

5. Ilmu Gizi

ilmu gizi adalah jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan
Ilmu gizi, penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Jurusan Ilmu gizi mempelajari berbagai jenis nutrisi yang berhubungan dengan kehidupan manusia, gaya hidup, pengaturan makan atau diet, penyediaan informasi tentang asupan gizi, dan sebagainya. Ilmu ini sangat penting diterapkan untuk diri sendiri maupun kepada keluarga.

Lulusan Ilmu Gizi dapat bekerja sebagai konsultan gizi di fasilitas kesehatan atau pendidikan, pengatur makanan pasien, penyuluh gizi, bisnis kuliner, serta bekerja di industri makanan. Jurusan Ilmu Gizi terbaik di Indonesia terdapat di IPB, UI, UNDIP, UNAIR, UGM, dan UNSOED.

Baca juga: 5 Jurusan Langka di Indonesia dan Prospek Kerjanya

6. Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan
Teknologi Pangan, jurusan menjanjikan di masa depan

Terakhir, jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah Teknologi Pangan. Di era modern ini, kita membutuhkan produk makanan yang aman dan menyehatkan dengan gizi yang cukup bagi tubuh.

Pada Jurusan Teknologi Pangan, kamu akan belajar mengenai komponen kimia dan biologis yang ada pada makanan. Teknik pengawetan, proses produksi, pengemasan, penyimpanan dan distribusi akan jadi materi utama dari jurusan ini.

Lulusan Teknologi Pangan dapat menjadi Quality Control suatu produk di industri makanan atau minuman. Kamu juga bisa menjadi R&D (Research and Development) dalam pengembangan produk maupun memunculkan inovasi baru. Deretan PTN dengan Jurusan Teknologi Pangan terbaik, yaitu IPB, UNPAD, UNDIP, UNS, UGM, dan UB.

Itulah 6 jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Adakah jurusan yang membuatmu tertarik? Nah, agar kamu dapat lolos ke PTN terbaik dari salah satu jurusan tersebut, ayo belajar bersama SimulasiKu! Kamu bisa mengakses video pembelajaran maupun mengikuti bimbel intensif UTBK dan Try Out online. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us