Masih Bingung Pilih Jurusan? Yuk, Kenali Jurusan Ekonomi Syariah!

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Dengan potensi tersebut, sistem ekonomi syariah di Indonesia sedang berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut mengakibatkan banyaknya permintaan tenaga ahli di bidang ekonomi syariah meningkat. Sehingga, banyak perguruan tinggi di Indonesia, bahkan kampus negeri, membuka program studi Jurusan Ekonomi Syariah untuk memenuhi permintaan tersebut.

Untuk sobat Simulasiku yang belum memutuskan akan melanjutkan pendidikan di jurusan apa, jurusan ini bisa menjadi salah satu alternatif pertimbangan. Namun, sudah tahu belum apa itu jurusan Ekonomi Syariah dan perguruan tinggi mana saja yang membuka program studi ini? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa Itu Jurusan Ekonomi Syariah?

Al-Qur'an sebagai dasar hukum utama dalam jurusan ini
Al-Qur’an sebagai dasar hukum utama dalam jurusan ini

Jurusan yang juga memiliki sebutan Ekonomi Islam di beberapa perguruan tinggi ini, pada dasarnya memiliki kesamaan dengan jurusan Ilmu Ekonomi, yaitu mempelajari teori dan masalah ekonomi, serta perilaku manusia dan interaksi di dalamnya. Namun dalam Ekonomi Syariah, hal tersebut dipelajari dalam sudut pandang dan prinsip-prinsip Islam.

Jadi, jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari teori dan masalah ekonomi secara mikro maupun makro, serta perilaku manusia dan interaksi di dalamnya sesuai prinsip-prinsip syariah dan berlandaskan Al-Qur’an, hadits, dan kaidah-kaidah fikih.

Belajar Apa Saja di Jurusan Ini?

Gambaran hal-hal yang akan dipelajari di ekonomi syariah
Gambaran hal-hal yang akan dipelajari di ekonomi syariah

Di jurusan Ekonomi Syariah, tidak serta-merta langsung mempelajari ilmu ekonomi sesuai prinsip syariah, tetapi juga mempelajari ilmu ekonomi konvensional terlebih dahulu. Pada awal semester mata kuliah, kamu akan mempelajari mata kuliah dasar ekonomi, seperti Pengantar Teori Ekonomi Mikro, Pengantar Teori Ekonomi Makro, Pengantar Akuntansi, Pengantar Manajemen, dan sebagainya. 

Semester-semester selanjutnya, baru akan ada mata kuliah ekonomi yang sesuai dengan prinsip syariah, antara lain Pengantar Ekonomi Islam, Fiqh Muamalah, Ushul Fiqh, Ekonomi Zakat dan Wakaf, Akuntansi Syariah, dan Ekonomi Moneter Islam. Namun, pemberian mata kuliah tersebut tetap sesuai dengan aturan dan kurikulum perguruan tinggi masing-masing.

Baca Juga: 10 Jalur Mandiri UNESA yang Sayang untuk Kamu Lewatkan!

Prospek Kerja Ekonomi Syariah

Lapangan pekerjaan terbuka lebar bagi lulusan Ekonomi Syariah
Lapangan pekerjaan terbuka lebar bagi lulusan Ekonomi Syariah

Setelah menjadi sarjana Ekonomi Syariah, mahasiswa tidak perlu khawatir karena lapangan kerja yang sesuai dengan bidang dari jurusan ini yang terbuka lebar, antara lain:

  • Pengusaha dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah
  • Perbankan dan Asuransi Syariah, seperti Bank Syariah Indonesia, Bank Muamalat, dan lain-lain
  • Instansi Pemerintahan, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, hingga di Kementrian
  • Lembaga Keuangan Syariah, seperti Pasar Modal Syariah, Pegadaian Syariah, BPR Syariah, hingga Koperasi Syariah
  • Dosen maupun Guru
  • Lembaga Penelitian 
  • Konsultan Syariah
  • Organisasi pengelola zakat dan wakaf, misalnya BAZNAS.

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Ekonomi Syariah/Islam

Gedung Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Gedung Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Jurusan Ekonomi Syariah terdapat di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berada di bawah naungan Kementrian Agama maupun Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, IAI Tazkia, IAIN Parepare, UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, dan masih banyak lagi. 

Bahkan banyak universitas luar negeri yang menawarkan studi ekonomi dan keuangan syariah, antara lain, yaitu Durham University, Istanbul University, dan Bangor University. Jurusan ini biasanya termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sekian informasi mengenai Jurusan Ekonomi Syariah yang mungkin dapat menambah referensi jurusan bagi sobat linimuda yang masih bingung menentukan jurusan pilihannya. Tetap semangat dan jangan ragu untuk memilih jurusan ini ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Program Studi untuk Siswa Jurusan Bahasa

Penulis: Khoirunnisa Mawarni Javinda

Editor: Dinan Fuzianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us