Ayo, Catat 5 Jurus Mudah Belajar Biologi!

Biologi merupakan mata pelajaran yang menuntutmu untuk mengingat banyak hal. Oleh karena itu, untuk sebagian pelajar mempelajari hal ini cukup sulit. Namun, sobat SimulasiKu tidak perlu khawatir. Artikel kali ini akan membahas jurus mudah belajar Biologi. Yuk, simak tipsnya!

1. Gunakanlah Gambar Sebagai Alat Bantu Belajar Biologi!

jurus belajar biologi
Gambar sangat membantumu memahami materi Biologi

Berbeda dengan ilmu eksak lainnya yang tidak memiliki gambar asli dari benda yang diamati, Biologi memiliki objek nyata yang bisa kita gambar dan lihat baik secara langsung maupun melalui alat. Oleh karena itu, media gambar sangat baik untuk membantu sobat memahami materi mata pelajaran ini. Kamu bisa menggambarnya sendiri atau mencari di internet.

Contohnya adalah ketika kamu belajar tentang rantai makanan atau anggota tubuh makhluk hidup. Sobat akan lebih mudah memahami materi tersebut, jika ada gambarnya. Jadi, mari menggambar!   

2. Yuk, Lakukan Observasi Langsung!

Menonton video dokumenter hewan dapat membuatmu paham dengan kehidupan mereka

Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya. Karena itulah, jurus mudah memahaminya adalah dengan melakukan observasi langsung. Misalnya, sobat ingin belajar tentang hukum Mendel. Kamu bisa perhatikan proses cangkok buah dan lihat hasilnya. Melalui penelitian tersebut, sobat jadi paham bagaimana petani bisa menghasilkan bibit baru yang lebih baik daripada induknya.

Cara lainnya adalah kamu bisa menonton video dokumenter tentang hewan atau penelitian seseorang. Jadi, wawasan semakin luas dan target belajar pun tercapai.

3. Istilah dalam Materi Biologi Sulit? Coba dengan Buat Singkatan Unik!

Sulit mengingat istilah latin dalam Biologi? Yuk, buat singkatan uniknya!

Istilah-istilah latin dalam Biologi selalu membuat repot. Karena itu adalah bahasa asing yang jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Sobat bisa coba dengan membuat singkatan unik dari istilah tersebut. Contohnya seperti di bawah ini:

  • Urutan Sistem Kingdom
    • Ki – Fli – K – O – Fa – Gu – S
      • Ki: Kingdom
      • Fli: Filum atau Divisio
      • K: Kelas
      • O: ordo
      • Fa: Famili
      • Gu: Genus
      • S: Spesies  

Baca: Menilik Serba-Serbi Pesisir dan Laut

4. Mind Map dapat Mempermudah Belajar Biologi!

Belajar biologi
Ayo, buat mind map agar belajar Biologi tidak membosankan!

Langkah terbaik yang bisa sobat lakukan ketika belajar Biologi adalah mempelajarinya dari yang umum ke spesifik. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan mind map. Selain itu, sobat juga bisa menggabungkan jurus keempat ini dengan yang pertama yaitu menggambar.

Kelebihan menggunakan mind map adalah sobat akan menjadi lebih kreatif, belajar lebih cepat, dan tidak membosankan. Apabila kamu tidak bisa menggambarnya, ada banyak aplikasi yang bisa membantumu membuat peta pikiran. Jadi, yuk kita coba buat mind map!

5. Rajin Membaca, Pangkal Pandai Biologi!

Belajar biologi
Rajinlah membaca dan menulis catatan ya, sobat!

Jurus terakhir yang dapat kamu terapkan tidak hanya pada Biologi, tapi juga mata pelajaran lainnya yaitu membaca. Jika sobat sering membaca catatan atau mind map yang kamu buat, materi tersebut akan tersimpan di dalam pikiranmu. Jadi, ketika kamu lupa, sobat bisa memanggil kembali memorinya.

Cara ini juga akan menjadi lebih efektif, apabila sobat membuat catatannya sendiri. Karena saat kamu sedang menulis, otakmu juga berusaha untuk mencerna informasi yang kamu baca dan tulis. Oleh sebab itu, jangan malas mencatat dan baca ya!

Nah, itu dia lima jurus mudah belajar Biologi. Apakah kamu sudah pernah menerapkan salah satu dari lima jurus tersebut? Boleh ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Seperti yang sobat SimulasiKu ketahui bahwa tidak terasa tahun 2021 akan berakhir dan UTBK 2022 semakin dekat. Oleh karena itu, mari manfaatkan waktumu dengan belajar bersama SimulasiKu. Sobat akan mendapat kelas pembahasan soal, video pembelajaran, dan try out online rutin setiap hari Minggu. Wah, mantap banget bukan? So, ayo daftar sekarang!

Baca juga: Yuk, Ketahui Pengertian Sistem Endokrin dan Macam-macam Kelenjarnya!

Editor: Ryfa Ayu Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us