6 Bidang Jurusan Manajemen Beserta Prospek Kerjanya

Sudah menjadi rahasia umum, Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jurusan ini. Selain karena prospek kerjanya yang menjanjikan, lulusan Manajemen juga dinilai mampu bekerja di berbagai sektor.

Di balik itu, Jurusan Manajemen ternyata memiliki 6 jenis bidang lain di dalamnya, loh! Untuk kamu yang tertarik mengambil jurusan ini, wajib banget untuk tahu hal ini. Berikut, 6 bidang Jurusan Manajemen beserta prospek kerjanya.

1. Manajemen Keuangan

manajemen keuangan
Belajar mengelola keuangan lewat bidang Manajemen Keuangan

Pada bidang jurusan ini, kamu akan mempelajari cara merencanakan dan mengelola keuangan dari berbagai aspek. Mulai dari cara mengatur kas perusahaan, mengoptimalkan pemanfaatan modal dan investasi, mengendalikan hutang piutang, maupun mengawasi jalannya finansial agar tidak terjadi kesalahan atau kecurangan.

Lulusan Manajemen Keuangan dapat menjadi seorang akuntan, di mana pekerjaan ini membutuhkan tenaga ahli yang piawai dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu, kamu juga dapat bekerja pada instansi pemerintah, seperti menjadi staf Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga: Jurusan SMK yang Bisa Kuliah di PTN Terbaik

2. Manajemen Bisnis

jurusan manajemen bisnis
Manajemen Bisnis, untuk kamu yang tertarik memulai bisnis

Bagi kamu yang merasa memiliki jiwa entrepeneur, Jurusan Manajemen Bisnis bisa jadi salah satu pilihan kamu, nih! Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip, strategi, maupun cara mengelola suatu bisnis.

Selain menjadi seorang wirausaha, lulusan Manajemen Bisnis juga banyak dibutuhkan dalam berbagai perusahaan dan industri. Ilmu Manajemen Bisnis dapat diterapkan ke semua lini pekerjaan, mulai dari properti, logistik, ritel, jasa, dan masih banyak lagi sehingga prospek pekerjaan jurusan ini cukup menjanjikan.

3. Manajemen Perbankan

manajemen perbankan
Manajemen Perbankan, mempelajari segala urusan bank

Sesuai dengan namanya, Jurusan Manajemen Perbankan akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem perbankan. Lebih spesifiknya, jurusan ini berfokus pada manajemen dana bank, perkreditan, maupun lalu lintas pembayaran yang meliputi pelaksanaan kliring transfer dan inkaso.

Prospek kerja utama lulusan Manajemen Perbankan tentu saja menjadi seorang bankir. Selain itu, jika kamu tertarik dengan dunia pasar modal, kamu juga bisa menjadi makelar saham. Wih, keren banget, kan?

4. Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran
Suka mempromosikan suatu produk? Manajemen Pemasaran jawabannya!

Marketing atau pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam suatu perusahaan atau jenis bisnis apapun. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mempromosikan bisnis dan kegiatanmu ke masyarakat luas. 

Tujuan dari pemasaran itu sendiri bukan semata-mata untuk memperoleh keuntungan saja, melainkan untuk memberi kepuasan terhadap konsumen atau audiensi. Lulusan Manajemen Pemasaran dapat bekerja menjadi sales, marketing analyst, social media marketing, public relation, staff digital marketing, dan masih banyak lagi.

5. Manajemen Operasional

manajemen operasional
Manajemen Operasional mempelajari cara mengelola kegiatan produksi

Jurusan Manajemen Operasional akan berfokus pada analisis suatu produk, meliputi proses pembuatan dan pendistribusian produk hingga sampai ke tangan konsumen. Di samping itu, jurusan ini juga mempelajari bagaimana mengawasi, mengendalikan, maupun mengevaluasi kegiatan produksi agar dapat menghasilkan barang dan jasa dengan hasil terbaik.

Prospek kerja bidang operasional memiliki cakupan yang cukup luas, mulai dari operasional kantor, logistik, hingga pabrik. Seorang staff operasional diperkirakan memiliki gaji Rp6 juta sampai Rp8 juta per bulan untuk level pemula. Menggiurkan, bukan?

6. Manajemen SDM

manajemen sdm
Melakukan interview, tugas bidang Manajemen SDM

Bidang Jurusan Manajemen yang terakhir adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau dikenal juga dengan sebutan Manajemen Personalia. Jurusan ini erat kaitannya dengan pengelolaan dan pemeliharaan sumber daya manusia, yang mana akan memengaruhi seberapa baik perusahaan tersebut dapat berjalan.

Salah satu pekerjaan penting yang dibutuhkan hampir di semua perusahaan adalah Human Resources Development (HRD). Seorang staff HRD memiliki tugas untuk merekrut dan menyeleksi tenaga kerja, serta mengembangkan dan mengevaluasi karyawan. Selain menjadi staff HRD, lulusan Manajemen SDM juga berpotensi menjadi seorang konsultan maupun tenaga pendidik.

Nah, itu tadi 6 bidang Jurusan Manajemen dengan prospek kerjanya masing-masing. Jika kamu adalah orang yang suka mengelola keuangan, mungkin Manajemen Keuangan atau Perbankan bisa menjadi pilihanmu. Bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis sendiri, tidak perlu ragu untuk mengambil bidang Manajemen Bisnis. 

Sementara itu, untuk kamu yang suka mengembangkan dan mempromosikan produk, serta pandai berkomunikasi dengan banyak orang, maka kamu dapat mempertimbangkan Manajemen Pemasaran, Operasional, maupun SDM. Jadi, apakah setelah membaca artikel ini, kamu sudah menemukan pilihan yang tepat? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Editor: Arin Khurota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us