7 Alasan Kenapa Mahasiswa Harus Ikut Volunteer Selama Kuliah!

Sebelumnya kamu sudah pernah mendengar tentang “volunteer” kan? Nah, tentu kamu mengetahui juga bahwa kegiatan ini bersifat sukarela dan seseorang yang mengikutinya tidak mengharapkan upah. Meskipun begitu, kegiatan ini tetap memiliki banyak manfaat loh, dan dapat kamu jadikan alasan untuk ikut volunteer! Ini dia 7 alasan mahasiswa harus ikut volunteer selama kuliah.

Yuk, simak artikelnya supaya kamu tergiur juga nih untuk menjadi sukarelawan!

1. Melihat Isu Secara Langsung

isu sosial https://www.pexels.com/photo/man-in-black-jacket-sitting-beside-man-in-gray-hoodie-9532045/
Kamu bisa mempelajari hal yang tidak dibahas di kelas

Kegiatan sukarelawan umumnya berlangsung di luar lingkup kampus, dalam artian kamu akan terjun langsung di lapangan. Dengan begitu, kamu bisa melihat sendiri nih isu apa saja yang ada di suatu lingkungan. Misal, jika kamu bergabung dengan organisasi sosial, maka kamu akan menjadi saksi problematika sosial yang sedang berlangsung di suatu masyarakat. Hal seperti ini belum tentu kamu dapatkan di kelas loh!

2. Menambah Banyak Skill Baru 

meningkatkan skill https://pixabay.com/id/photos/rambu-lalu-lintas-tanda-nama-tempat-798175/
Siapa sih yang ngga mau mengasah skill?

Setelah melihat isu-isu yang ada, kamu akan mulai untuk memikirkan apa sih solusi yang tepat untuk meringankan atau bahkan menyelesaikan masalah tersebut. Nah, di sinilah kamu akan melatih kemampuan problem solving

Selain itu, kamu juga akan mengembangkan kemampuan lain seperti leadership, time management, berkomunikasi dan bekerja sama dengan tim, dan soft-skill lain yang nantinya sangat berguna loh untukmu!

3. Berkontribusi Pada Perubahan di Masyarakat

kontribusi masyarakat https://pixabay.com/id/photos/tangan-bersama-doa-masyarakat-5216585/
Meskipun sedikit, setidaknya kita sudah membawa perubahan!

Saat menjadi volunteer, kamu mungkin tidak langsung menghasilkan dampak yang besar untuk membawa kehidupan masyarakat ke tingkat yang lebih baik. Namun, jangan berkecil hati, biar bagaimanapun, kamu sudah menyumbang langkah perubahan!

Misal, saat volunteer mengajar adik-adik yang kurang beruntung untuk bersekolah, memang dunia edukasi tidak langsung membaik begitu saja. Akan tetapi, bagi mereka, kamu sudah mengubah dunianya. 

4. Memperluas Jaringan

volunteer selama kuliah https://www.pexels.com/photo/close-up-photography-of-yellow-green-red-and-brown-plastic-cones-on-white-lined-surface-163064/
Berkenalan dengan banyak orang dan menjalin pertemanan? Asik banget!

Tentunya kegiatan ini tidak mungkin kamu lakukan sendiri dong. Kamu akan bertemu banyak teman baru dan kakak-kakak yang sudah lebih berpengalaman di sini. Dari mereka, kamu bisa saling sharing dan mendapatkan pengetahuan baru. Ingat, menjalin relasi dan memperluas jaringan itu penting ya!

Baca juga: Anak SMA Ingin Sekolah di Luar Negeri? Yuk Ikut Pertukaran Pelajar Bareng Program AFS!

5. Mengenal Lingkungan Acara Lebih Dekat

alasan harus ikut volunteer https://www.pexels.com/photo/back-view-of-a-man-holding-a-dog-7474351/
Oooh, jadi gini rasanya bekerja di bidang tertentu?

Ada banyak jenis bidang volunteer yang tersedia di luar sana seperti pendidikan, lingkungan alam, animal rescue, kesehatan, dan lain-lain. Bahkan pada Asian Games tahun 2018 lalu pun ada lowongan sukarelawannya loh

Nah, kamu tinggal pilih aja bidang apa yang ingin kamu ikuti. Setelah itu kamu bisa belajar dan merasakan sendiri pengalaman bekerja di bidang tersebut. Seru kan?

6. Istirahat dari Penatnya Kuliah

alasan harus ikut volunteer https://www.pexels.com/photo/woman-posing-wearing-white-dress-shirt-sitting-on-window-937453/
Sesekali kamu perlu take a break dari peningnya teori dan rumus kan?

Pusing ngga sih kalau dalam satu semester hanya kuliah aja? Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu bisa lepas sejenak dari materi kuliah dan “refreshing” otak dengan mempelajari hal lain yang lebih menarik dan sesuai minatmu. Jadi, coba deh ikutan biar kamu gak bosen belajar mulu. 

Baca juga: Berminat Ikut Organisasi di Sekolah? Ini Manfaatnya!

7. Memperindah CV Kamu

alasan harus ikut volunteer https://www.pexels.com/photo/person-holding-black-tablet-computer-5989943/
Buat perekrut silau dengan CV-mu yang cemerlang!

Dari semua manfaat di atas, yang satu ini gak kalah penting nih. Pengalaman volunteer-mu nantinya bisa kamu masukkan ke dalam CV loh! Dengan begitu, perekrut kerja akan melihatmu sebagai orang yang aktif dan peduli. Begitu juga dengan skills dan pengetahuan yang kamu peroleh selama kegiatan, keduanya akan menambah value dirimu dan meningkatkan kemungkinan mendapatkan kerja. 

Nah, gitu deh 7 alasan mahasiswa harus ikut volunteer. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk daftar menjadi sukarelawan! Apalagi saat ini banyak juga kegiatan yang berlangsung secara online loh

Baca juga: 5 Kegiatan Kampus yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Selama Kuliah!

Mau tahu kegiatan online lain yang kamu ga usah ragu buat daftar? Yup, ikutan bimbel online bareng SimulasiKu.id dong supaya persiapan UTBK-mu semakin mantap! Coba cek website-nya yaa

Editor: Saskia Trifidita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us