6 Dokumen yang Sering Menjadi Persyaratan Beasiswa Luar Negeri

Program Beasiswa telah membantu banyak kalangan untuk memiliki kesempatan menuntut ilmu setinggi-tingginya, salah satunya adalah program beasiswa luar negeri. Melalui beasiswa luar negeri inilah permasalahan biaya yang sering menghadang mimpi untuk bisa menimba ilmu pada universitas ternama di luar negeri dapat teratasi. Dalam proses penerimaan beasiswa tentu banyak persyaratan yang perlukan oleh para pendaftar, salah satunya adalah persyaratan dalam bentuk dokumen.

Namun apakah Sobat Simulasiku sudah mengetahui dokumen apa saja yang menjadi persyaratan untuk mendaftar Program Beasiswa Keluar Negeri?

Mari kita kenali dokumen apa saja yang sering menjadi persyaratan program beasiswa luar negeri!

1. Curriculum Vitae atau CV Para Pelamar Beasiswa

Persiapkan Curriculum Vitae atau CV
Persiapkan CV yang terbaik!

Curriculum Vitae atau CV menjadi hal yang penting ketika Sobat Simulasiku hendak mendaftar Program Beasiswa Luar Negeri. CV sendiri sebagai dokumen yang memuat data-data diri seperti latar belakang pendidikan, pengalaman keorganisasian, atau bahkan pengalaman kerja part-time memiliki peran yang cukup besar dalam proses seleksi penerimaan Program Beasiswa Luar Negeri.

Baca juga : 6 Poin Paling Jitu yang Oke Banget untuk Membuat CV Terlihat Menarik

2. Rapor atau Transkrip Nilai

persiapkan Rapor atau Transkip nilai akhir
Jangan Lupa Melakukan Legalisir Transkrip Nilai!

Melalui rapor atau transkrip nilai pihak penyelenggara program beasiswa luar negeri sekaligus instansi pendidikan yang menjadi tujuan sobat dapat mengetahui kompentensi dan pencapaian Sobat Simulasiku dalam bidang akademik. Selain itu transkrip nilai juga merupakan dokumen yang penting bagi program beasiswa luar negeri yang memiliki beberapa persyaratan terkait bidang akademik, misalnya nilai minimal IPK para pendaftar. Jangan lupa untuk melegalisir transkrip nilai atau rapor yang akan kamu gunakan untuk kebetuhan pendaftaran beasiswa luar negeri.

3. Motivation Letters Menjadi Syarat Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

motivation letter berfungsi untuk memberikan alasan dan latarbelakang keinginan sobat untuk mendapatkan beasiswa luar negeri
Buatlah Motivation Letter menjadi menarik

Dokumen ini penting adanya, percayalah! Melalui dokumen ini Sobat dapat menjelaskan apa yang menjadi latarbelakangi keinginan Sobat untuk mendapatkan beasiswa luar negeri, tujuan serta alasan dari sobat mendaftar ke universitas dan program studi yang menjadi tujuan Sobat, hingga mengapa sobat pantas mendapatkan beasiswa luar negeri. Usahakan dokumen ini bisa dipahami dengan jelas, karena berkaitan dengan mimpi sobat untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negeri!

4. Sertifikat Sering Menjadi Persyaratan Beasiswa Luar Negeri

sertifikat sering muncul menjadi persyaratan beasiswa luar negeri
Sertifikat merupakan dokumen yang sering muncul lho!

Nah selanjutnya, dokumen yang satu ini berfungsi untuk menjelaskan bagaimana kompetensi Sobat dalam menggunakan bahasa asing yang mungkin adalah bahasa Ibu dan menjadi bahasa utama yang akan digunakan selama proses belajar-mengajar di negara tujuan Sobat. Umumnya, sertifikat ini bisa sobat peroleh setelah mengikuti dan lolos Ujian Kemampuan Berbahasa Asing yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga yang telah terverifikasi. Selain itu, kebanyakan pihak penyedia beasiswa dan pihak universitas akan meminta Sertifikat IELTS (Sertifikat Kemampuan Berbahasa Inggris). Namun ada juga yang akan meminta sertifikat kemampuan berbahasa asing selain Bahasa Inggris, seperti Bahasa Jerman ataupun Bahasa Rusia.

5. Dokumen Surat Rekomendasi Mengikuti pendaftaran Seleksi Beasiswa

surat rekomendais sering menjadi persyaratan beasiswa
Surat rekomendasi membantu kamu untuk mengikuti program beasiswa luar negeri

Dokumen yang satu ini biasanya akan berfungsi untuk menjelaskan kompentensi dan keahlianmu dari pihak kedua yang mengenal latar belakangmu. Biasanya pihak kedua tersebut adalah kepala sekolah, dosen, ataupun rektor dari instansi pendidikan Sobat. Selain itu melalui surat rekomendasi, pihak penyedia beasiswa ataupun universitas tujuan dapat mengetahui bahwa ada yang merekomendasikan Sobat untuk mengikuti program beasiswa luar negeri.

6. Visa dan Paspor Digunakan untuk Program Beasiswa Berlangsung

paspor merupakan persyaratan yang sering muncul dalam mendaftar beasiswa luar negeri
Paspor merupakan barang yang sangat penting

Terakhir, kedua dokumen ini menjadi sangat penting sesuai dengan fungsinya masing-masing. Paspor akan menjelaskan tentang status kewarganegaraan Sobat, sedangkan visa akan berfungsi sebagai surat izin mengunjungi negara yang akan sobat tuju selama program beasiswa luar negeri Berlangsung. Paspor dan visa dapat sobat buat di pihak berwenang terkait. Kemudian, ada beberapa persyaratan dalam pembuatan kedua dokumen ini seperti KTP dan Kartu Keluarga. Oh ya, jangan lupa untuk menjadwalkan rencana Sobat ketika membuat paspor dan visa dengan deadline pendaftaran beasiswa.

Itulah dokumen-dokumen yang sering menjadi persyaratan dalam proses pendaftaran program beasiswa luar negeri. Jadi, bagi Sobat Simulasiku yang hendak mendaftar program beasiswa luar negeri bisa menyiapkan dokumen-dokumen persyaratannya mulai sekarang.

Apakah Sobat Simulasiku memiliki pengalaman dalam menyiapkan dokumen persyaratan program beasiswa luar Negeri? Silahkan tuliskan pengalaman sobat di kolom komentar ya!

Editor : Putri Zuhairah

3 thoughts on “6 Dokumen yang Sering Menjadi Persyaratan Beasiswa Luar Negeri”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us